Biak (ANTARA News) - Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Kabupaten Biak Numfor, Papua akan membangun fasilitas wisma atlet untuk menampung peserta Pekan Olahraga Nasional 2020 Provinsi Papua.

"Lokasi lahan wisma atlet sudah disiapkan, ya kami sudah mengajukan usulan program ke PB PON dan Kementerian Olahraga hingga Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat," ungkap Kepala Dinas Pemuda Olahraga Biak Yunus Saflembolo di Biak, Sabtu.

Ia mengakui pembangunan wisma atlet PON 2020 dalam program rusunawa merupakan solusi tepat untuk menyediakan tempat tinggal yang nyaman dan aman bagi peserta atlet dari berbagai provinsi di Idonesia.

Persiapan membangun wisma atlet PON 2020, menurut Yunus, tahap awal sudah dikonsultasikan dengan Pania Besar PON Papua serta Pemkab Biak dan DPRD Biak dan DPR Papua.

"Dukungan untuk membangu wisma atlet PON Papua di Biak sudah ada dari masyarakat adat sebagai pemilik hak ulayat, ya sudah kami terima dalam bentuk surat pernyataan pelepasan adat," ungkap Kadispora Yunus Saflembolo menanggapi persiapan klaster Biak.

Kadisporda Yunus Saflembolo mengatakan Biak sebagai klaster tempat penyelenggara PON 2020 tengah menyiapkan berbagai sarana fasilitas penunjang venue olahraga.

"Dispora Biak Numfor sudah punya master plan rencana pembangunan fasilitas venue pertandingan PON 2020 klaster Biak," ungkap Kadispora Yunus Saflembolo.

Berdasarkan data klaster Biak akan mempertandingkan cabang terjun payung, aeremodeling, paralayang, hoki dan penyisihan sepakbola.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018