Pekanbaru (ANTARA News) - PT PLN Wilayah Kota Pekanbaru menjamin pasokan listrik di wilayah setempat aman dan tidak ada pemadaman selama proses penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk jenjang SMA, SMP sederajat.

"PLN sangat mendukung pelaksanaan UNBK dengan tetap mengamankan pasokan listrik untuk lancarnya pelaksanaan, " kata Humas PLN Cabang Pekanbaru, Komang kepada Antara di Pekanbaru, Senin.

Komang mengatakan pihaknya sudah mengatur jadwal pada waktu penyelenggaraan UNBK tidak akan memadamkan listrik, dan menggantikannya dengan hari lain untuk proses perbaikan jaringan dan kualitas.

Diakuinya pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan terkait jadwal UNBK sekolah baik SMA maupun SMP.

"Tidak ada pemadaman untuk wilayah yang ada sekolahnya, " tegas Komang.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Disdik Kota Pekanbaru, Abdul Jamal sudah menjalin komunikasi dengan PLN terkait keterjaminan listrik saat pelaksanaan UNBK di Pekanbaru.

Bahkan, untuk mensukseskan UNBK yang digelar 23-26 April mendatang Disdik sudah bekerjasama dengan PT Telkom.

"Tahun ini kami optimis UNBK berlangsung sukses dan lancar, tidak ada lelet jaringan, dan listrik padam," kata Abdul Jamal.

Abdul Jamal bahkan menjamin Ujian Nasional Berbasis Komputer yang akan diikuti 11.728 pelajar tingkat SMP dan MTS, berlangsung sukses dan tidak ada kendala.

"UNBK ini kan sistemnya hampir sama dengan penerimaan PNS, karena menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Jadi saya yakin tidak akan ada kendala apapun, " katanya.

Baca juga: 6.000 siswa SMA sederajat Pekanbaru ikuti UNBK

Pewarta: Fazar Muhardi
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018