Vancouver (ANTARA News) - Agen federal Kanada yang mengurus perlindungan data bersama kantor di British Columbia akan menyelidiki Facebook Inc dan perusahaan data AggregateIQ mengenai kasus kebocoran data.

Seperti dilansir Reuters, Kantor Komisioner Privasi Kanada menyatakan penyelidikan akan berpusat seputar isu apakah perusahaan tersebut melanggar peraturan federal dan provinsi mengenai data pribadi.

Komisioner Kanada mulai menyelidiki Facebook pada Maret lalu setelah koran New York Times dan Observer London melaporkan data Facebook digunakan oleh konsultan politik Cambridge Analytica.

Baca juga: Data bocor Facebook naik jadi 87 juta

Facebook Kanada menyatakan ada lebih dari 600.00 pengguna di negara tersebut yang datanya digunakan oleh Cambridge Analytica.

Sementara komisioner pribadi di British Columbia secara terpisah mengadakan penyelidikan terhadap perusahaan di Victoria AggregateIQ yang diduga terlibat kampanye Brexit.

Kedua kantor tersebut bergabung untuk mneyelidiki Facebook dan AggregateIQ untuk menilai pelangaran undang-undang federal dan provinsi mengenai data pribadi.

Baca juga: Setelah diperketat, ini perubahan di Facebook

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018