Jakarta (ANTARA News) - Terhentinya pasangan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Mentari di perempat final turnamen bulu tangkis China Masters 2018, membuat wakil Indonesia dalam turnamen level Super 100 tersebut hanya tersisa satu.

Laman Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang dipantau di Jakarta, Sabtu dinihari, mencatat, Indonesia hanya diwakili oleh pasangan ganda campuran lainnya, Ronald Alexander/Annisa Saufika, di empat besar China Masters 2018.

Dalam pertandingan perempat finalnya yang dilaksanakan di Lingshui, Hainan, China, Jumat waktu setempat, Rinov/Pitha menyerah di tangan wakil tuan rumah Guo Xinwa/Liu Xuanxuan dalam partai dua gim berdurasi 42 menit yang berkesudahan 20-22, 17-21.

Bermain ketat di awal gim pertama, Rinov/Pitha harus tertinggal lima angka 7-12 dari Guo/Liu. Namun tak butuh lama, pasangan Indonesia mampu kembali mengejar dan memperkecil ketertinggalan menjadi 11-12.

Mampu menjaga jarak satu poin, Rinov/Pitha kembali tertinggal oleh duet China, 13-16 dan 14-18. Walau duet Indonesia mampu kembali memperkecil ketertinggalan, bahkan menyamakan kedudukan jelang akhir laga di angka 19-19 dan 20-20, dewi fortuna menaungi duet tuan rumah yang akhirnya mengamankan gim perdana ini.

Tak mau mengulangi hasil minor di gim perdana, Rinov/Pitha mampu unggul terlebih dahulu 8-3 di awal-awal laga dan terus menjaga jarak dengan Gio/Liu.

Saat tertinggal 7-12, pasangan China mampu mengejar perolehan poin duet Indonesia hingga hanya selisih satu angka 11-12 untuk selanjutnya terus menempel ketat perolehan poin duet Indonesia.

Selepas bermain ketat dan beberapa kali terjadi hasil imbang, Guo/Liu mampu menemukan kembali momentumnya saat kedudukan kembali imbang 17-17 dengan langsung mencetak empat angka tanpa balas untuk mengamankan tiket empat besarnya.

Dengan hasil ini, Rinov/Pitha menambah deretan wakil Indonesia yang tak lolos ke fase empat besar turnamen berhadiah total 75 ribu dolar AS ini setelah sebelumnya dua wakil Indonesia, Panji Ahmad Maulana di tunggal putra dan Anggia Shitta Awanda/Meirisa Cindy Sahputri di ganda putri, juga gagal melaju ke semifinal.

Hanya pasangan ganda campuran Ronald Alexander/Annisa Saufika yang berhasil melaju ke semifinal dengan menundukan duet Taiwan Fang-Jen Lee/Chien Hui Yu dua gim langsung 21-14, 21-14.

Di empat besar, pasangan Indonesia yang merupakan unggulan satu turnamen itu, akan ditantang duet tuan rumah Ou Xuanyi/Chen Lu yang mendapatkan tiket empat besar dengan menumbangkan duet Taiwan unggulan empat Chang Ko-Chi/Cheng Chi Ya 21-12, 17-21, 21-19.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018