Makassar (ANTARA News) - Kementerian Perhubungan tahun ini menggunakan anggaran Rp300 miliar untuk membangun 100 kapal rakyat yang akan didistribusikan ke seluruh Indonesia.

"Kami akan membangun kapal rakyat, sekarang ada 24 kapal dan akan 100 lagi yang akan distribusikan ke seluruh indonesia," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam sambutannya di Universitas Cokroaminoto, Makassar, Kamis.

Ia menambahkan pemerintah akan mendistribusikan 10 sampai 15 kapal untuk Sulawesi Selatan. Selain menyediakan kapal, pemerintah akan memberikan pelatihan dan pendidikan pelayaran kepada para pelaut muda di Sulawesi Selatan.

"Oleh karenanya, sore nanti saya akan membuka suatu pelatihan, 3.000 anak muda pelaut-pelaut Sulawesi Selatan dididik dan diharapkan bisa menjadi tokoh-tokoh pelaut," katanya.

Dia mengatakan universitas-universitas seperti Universitas Cokroaminoto bisa bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan untuk pendidikan dan pelatihan bidang kemaritiman.

"Nanti bisa saja Universitas Cokroaminoto kerja sama BPSDM untuk menjangkau sekolah-sekolah untuk menciptakan pertumbuhan yang baik," katanya.

Budi Karya mengatakan daerah-daerah lain yang akan menerima bantuan kapal rakyat di antaranya Bulukumba, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.
 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018