Jakarta (ANTARA News) - Penyerang tim nasional Indonesia berdarah Montenegro Ilija "Spaso" Spasojevic mengaku dirinya merasa nyaman dengan strategi yang diterapkan oleh pelatih timnas Luis Milla.

Menurut Spaso, peran sebagai "target man" yang dibebankan oleh Luis Milla kepadanya cocok bagi dia yang senang beroperasi di sekitar kotak penalti lawan.

"Apalagi timnas memiliki para pemain sayap yang memudahkan tugas saya," ujar Spaso di Jakarta, Selasa.

Tapi, katanya, hal itu tidak ditemukannya di klub Bali United, tempatnya mencari nafkah sehari-hari.

Bali, kata Spaso, tidak bermain dengan para pemain sayap seperti di timnas. Itulah yang membuat dia membutuhkan adaptasi yang lebih lama. Seperti diketahui, Spaso belum mencetak gol bagi Bali United di Liga 1 2018.

"Sistem di Bali United berbeda," tutur Spaso.

Pelatih timnas Indonesia Luis Milla memang gemar menggunakan jasa pemain sayap cepat seperti Febri Hariyadi, Saddil Ramdani, Yabbes Roni untuk menjalankan formasi 4-2-3-1.

Demi memfasilitasi kualitas di sektor sayap, Milla pun membutuhkan sosok penyerang tengah sebagai "target man" yang bertugas menjaga bola sebelum mengumpankannya kembali atau menuntaskan umpan-umpan ke arah kotak penalti.

Spaso sendiri saat ini tengah mempersiapkan diri menuju turnamen internasional PSSI "Anniversary Cup" 2018. Dia bersama dua pemain senior lain yaitu Lerby Eliandry dan Andritany Ardhiyasa masuk ke dalam daftar 24 pemain timnas U-23 yang disiapkan untuk kompetisi berpeserta empat negara tersebut.

Turnamen Anniversary Cup sendiri digelar untuk memperingati ulang tahun PSSI ke-88 dan diikuti empat negara yaitu Indonesia, Uzbekistan, Bahrain, dan Korea Utara. Selain itu, kompetisi ini ditujukan sebagai turnamen uji coba menjelang Asian Games 2018, di mana Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah.

Sistem kompetisi turnamen yang berlangsung pada 27 April-3 Mei 2018 ini adalah setengah kompetisi atau "round robin", di mana juaranya yaitu tim dengan catatan poin tertinggi. Seluruh pertandingan Anniversary Cup 2018 akan digelar di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Timnas U-23 panggil Miswar gantikan Irfan Jaya

Pewarta: Michael Teguh Adiputra S
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018