Playoff NBA

NBA konfirmasi LeBron James "goaltending", tapi tak bisa anulir

NBA konfirmasi LeBron James "goaltending", tapi tak bisa anulir

Bintang Cleveland Cavaliers, LeBron James, dalam gim keempat putaran pertama playoff NBA melawan Indiana Pacers di Bankers Life Fieldhouse, Indiana, Amerika Serikat, Senin (23/4/2018) WIB. (twitter.com/nba)

Jakarta (ANTARA News) - NBA mengkonfirmasi upaya megabintang Cleveland Cavaliers, LeBron James, memblok bola lay-up bintang Indiana Pacers, Victor Oladipo, di detik-detik akhir gim kelima putaran pertama playoff NBA, Kamis (26/4) WIB, seharusnya diputus sebagai goaltending.

Hal itu diungkap lewat Last Minute Report yang diunggah Jumat WIB, NBA menyatakan ketiga wasit luput terhadap situasi goaltending yang terjadi pada waktu tersisa 5,1 detik.

Berdasarkan tayangan ulang, NBA memastikan bahwa James memblok bola lay-up Oladipo "setelah bola terlebih dahulu menyentuh papan."

Namun, seturut aturan yang berlaku, putusan terkait hal tersebut tidak bisa ditinjau ulang jika luput dari wasit di atas lapangan.

Pacers tidak mengajukan protes atas insiden tersebut di atas lapangan, namun setelah laga usai mereka baru mengemukakan keluhan terkait hal itu.

Baca juga: Oladipo jengkel oleh dugaan goaltending LeBron James

Di sisi lain, laporan NBA juga mengatakan wasit juga melakukan kesalahan pemberian hak lemparan ke dalam saat laga tersisa 27,6 detik, yang diberikan kepada Pacers padahal bola meninggalkan lapangan setelah terakhir kali bersentuhan dengan Thaddeus Young.

Ironisnya bagi Pacers, setelah goaltending yang tak mereka peroleh itu, James justru melakukan tembakan buzzer beater tiga angka demi memberikan kemenangan 98-95 bagi Cavaliers, sekaligus keunggulan seri playoff 3-2.

Baca juga: LeBron James bawa Cavs pimpin 3-2

Gim keenam akan dilangsungkan pada Sabtu (28/4) di kandang Pacers, Bankers Life Fieldhouse, Indiana.

Berikut tayangan ulang yang disematkan di laman resmi NBA terkait insiden tersebut :
 

Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar