Washington (ANTARA News) - Gina Haspel, calon pilihan Presiden Amerika Serikat Donald Trump sebagai bos CIA diam-diam menjamin para senator bahwa dia tidak akan melembagakan lagi teknik penahanan dan interogasi.

Dia menyatakan komitmennya itu akan dia sampaikan secara terbuka pada konfirmasinya sebagai direktur CIA 9 Mei nanti, kata dua sumber seperti dikutip Reuters.

Wakil Direktur CIA Gina Haspel berencana menyampaikan komitmennya dalam pernyataan pembuka dan dia akan mengatakan hal serupa kepada para anggota Senat, kata seorang anggota Kongres kepada Reuters yang meminta namanya tak disebutkan.

Janji itu disampaikan Haspel setelah para penentangnya menguak peran dia dalam program penyiksaan tahanan tersangka teroris Alqaeda di  penjara-penjara rahasia CIA.

Seorang pejabat pemerintah membenarkan bahwa Haspel telah berjanji kepada para senator bahwa dia tidak akan pernah mengizinkan CIA menghidupkan lagi program penahanan dan interogasi.

Dia juga mengatakan bahwa semua badan pemerintah AS yang terlibat dalam interogasi harus memenuhi standard yang sesuai dengan manual interogasi Angkatan Bersenjata AS.

Pewarta: ANTARA
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018