Surakarta (ANTARA News) - Pecatur Rusia GM Anton Demcheno berbagi posisi pimpinan dengan GM Timur Gerayev dari AS setelah sama-sama membukukan total 6,5 poin dari hasil pertandingan sembilan babak di turnamen catur internasional JAPFA Grandmaster dan Grandmaster putri 2018 di Surakarta, Jateng, Senin.

Dengan hasil itu perburuan juara masih ketat, GM Timur yang sempat tertinggal 0,5 poin dari Anton, Minggu, langsung menyamai kedudukan ketika menang pada babak sembilan melawan pecatur Indonesia IM Sean Windshand dan mengemas 6,5 poin.

Sedangkan Anton kalah dari GM China Ma Qun, dan Ma Qun sendiri berada di posisi ketiga dengan mengumpulkan 6 poin dari hasil pertandingan sembilan babak itu.

Sementara itu, pecatur Indonesia FM Novendra Priasmoro meraih satu poin dari hasil kemenangannya melawan pecatur rekan senegara GM Susanto Megaranto, dengan hasil kemenanga n itu Novendra berada diurutan empat bersama IM Goh Wei Ming Kevin (Singapura) dan pecatur Indonesia lainnya FM Yosepf Taher yang ketiganya mengemas 5 poin.

"Saya senang tentunya bisa mengalahkan pecatur nomor satu Indonesia Susanto," kata Novendra seusai bertanding di babak sembilan.

Sementara ditanya tentang kesiapannya untuk pertandingan selanjutnya, Novendra mengatakan harus tampit fit.

"Nanti dan besok harus fit untuk bisa memenangi sisa babak pertandingan," tambahnya.

Pertandingan selanjutnya babak 10 akan berlangsung, Senin malam. Turnamen grandmaster itu akan berakhir, Selasa (1/5) dengan mempertandingkan babak 11.

Pewarta: Aris Budiman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018