counter

Bekasi meriahkan May Day dengan panggung hiburan dan bazar

Bekasi meriahkan May Day dengan panggung hiburan dan bazar

Arsip Foto. Para pekerja beraktivitas saat istirahat kerja di salah satu industri di kawasan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (8/6/2017). (ANTARA /Risky Andrianto)

Cikarang, Bekasi (ANTARA News) - Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi memeringati Hari Buruh Sedunia (May Day) dengan menggelar panggung hiburan, bazar dan layanan pengobatan gratis di Taman Sehati, Kompleks Stadion Wibawa Mukti, Kelurahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi Edi Rochyadi di Cikarang, Selasa pagi, mengatakan acara yang juga mencakup penyediaan layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan Ketenagakerjaan serta pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis itu mendapat dukungan dari kepolisian.

"Prediksi saya ribuan warga akan memadati acara kita hingga selesai nanti, kalau target kita sekitar 2.500 orang," katanya.

Edi mengatakan pemerintah daerah memfasilitasi para buruh memperingati May Day di Bekasi, namun tidak melarang mereka yang ingin melakukan aksi unjuk rasa di Jakarta.

"Karena pada intinya kita sifatnya hanya memfasilitasi kegiatan May Day bagi teman-teman buruh untuk bersama-sama merayakan di daerahnya masing-masing, tapi kita juga tidak ada kapasitas melarang teman-teman yang lain untuk merayakan di tempat lain. Jadi sifatnya hanya mengajak," kata dia.

Kepala Kepolisian Resort Metro Bekasi Kombespol Candra Sukma Kumara menambahkan selain acara di Taman Sehati, ada beberapa acara lain yang diselenggarakan untuk memeringati Hari Buruh.

"Ada tabligh akbar di Masjid Darul Amanah Polres Metro Bekasi dan Mancing Mania di Rumah Makan Anugerah Cikarang Pusat," katanya.

Dia mengimbau buruh ingin berangkat ke Jakarta untuk melakukan aksi unjuk rasa tidak mengganggu ketertiban umum.

"Silakan berunjuk rasa, ekspresikan ide dan gagasan asal tidak menganggu ketertiban orang lain karena orang juga punya hak di situ," katanya.

Pemerintah menetapkan Hari Buruh sebagai hari libur nasional. Hari ini sekitar 32.000 buruh asal Kabupaten Bekasi berencana menuju Istana Negara untuk menggelar aksi guna memperingati May Day.

Baca juga: Bekasi siapkan 1000 polisi kawal buruh pada May Day
 

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto, Pradita Kurniawan Syah
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Gubernur Jatim ajak perangi sampah plastik

Komentar