Bogor, Jawa Barat (ANTARA News) - 8.000 pelajar SMP dan 8.000 pelajar SD di Kota Bogor menyambut Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah yang segera datang ke di Istana Bogor, Kamis ini.

"Totalnya ada 16 ribu pelajar. Mereka kita libatkan untuk memberikan sambutan atas kedatangan Sultan Brunei ke Istana Bogor," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor Fahrudin kepada Antara, hari ini.

Sejak pukul 07.00 WIB, para pelajar sudah turun memadati trotoar di jalan-jalan seputar Istana dan Kebun Raya Bogor, sambil membawa bendera Indonesia dan Brunei.

"Kunjungan ini dapat menjadi edukasi kepada pelajar Bogor, terutama mengenal tokoh-tokoh dunia, dan menjadi kebanggaan kotanya dikunjungi oleh orang-orang penting," kata Fahrudin.

Sultan Brunei Hassanal Bolkiah akan tiba di Istana Bogor bersama keluarga anak dan istrinya. Mereka akan disambut upacara penyambutan tamu negara dan dentuman meriam.

Sultan Brunai dan Presiden Joko Widodo akan bertemu guna membahas tentang perlindungan warga negara Indonesia, terutama pekerja migran di Brunei Darussalam dan juga hubungan antarmasyarakat (people-to-people contact) kedua negara.

Menurut data Kementerian Luar Negeri, jumlah WNI di Brunei Darussallam mencapai 80 ribu orang dari total 400 ribu penduduk di Brunei Darussalam.

Jokowi dan Sultan juga akan membahas kerja sama perdagangan dan investasi antara kedua negara.

Untuk kesekian kalinya Kota Bogor menerima kedatangan tamu-tamu negara setelah Raja Salman dari Arab Saudi. Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama, Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Raja Swedia Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia, serta banyak lagi.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018