Jakarta (ANTARA) - Duta Besar LBBP RI untuk Brunei Darussalam Achmad Ubaedillah menyerahkan surat kepercayaan (kredensial) kepada Kebawah Duli Yang Maha Mulia Paduka Seri Baginda Sultan Haji Hassanal Bolkiah, Sultan dan Yang Di-Pertuan Negara Brunei Darussalam pada Rabu (13/9), sebagai tugas diplomasi negara.

“Pada kesempatan beraudiensi dengan Yang Maha Mulia Sri Baginda Sultan, saya sampaikan juga bahwa warga negara Indonesia merasakan Brunei sebagai rumah kedua. Terima kasih atas perhatian Sri Baginda Sultan,” kata Ubaedilllah dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Ubaedilllah yang didampingi Wakil Kepala Perwakilan RI Irwan Iding tiba di Istana Nurul Iman di Bandar Seri Begawan pada pukul 14.00 waktu setempat.

Dubes kemudian dibawa ke Balai Penghadapan dan menyampaikan surat-surat kepercayaan kepada Sultan Haji Hassanal Bolkiah.
Baca juga: RI-Malaysia-Brunei sepakat jadikan IKN pusat ekonomi hijau ASEAN

Dalam pertemuan dengan Sultan, Ubaedillah menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo dan juga menyanjung hubungan keakraban dan persaudaraan antara pemimpin dan rakyat kedua negara.

Dubes juga menyampaikan prioritas hubungan kerja sama bilateral, termasuk di sektor ketenagakerjaan dan perluasan perdagangan produk halal.

Menurut pernyataan, Sultan mengatakan bahwa pekerja migran Indonesia (PMI) telah memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan Brunei sekaligus menyambut baik agar kedua negara dapat bekerja sama mengembangkan Pariwisata dan Industri Halal.
Baca juga: Indonesia-Brunei kerja sama pembentukan pasar karbon regional

Secara khusus, Sultan juga mendoakan semoga pemerintah Indonesia sukses menyelenggarakan pemilihan presiden 2024 mendatang, seperti dikutip.

Dikatakan bahwa turut hadir duta besar RRC, Vietnam, Singapura dan Arab Saudi pada upacara kredensial tersebut.

Baca juga: RI jajaki konektivitas listrik dengan Brunei-Malaysia dan Filipina
Baca juga: Pasar Rakyat KBRI kembali curi perhatian warga di Brunei
Baca juga: Lima WNI dapat penghargaan dari Dubes Brunei

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023