Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam Achmad Ubaedillah menegaskan komitmen negara untuk melayani dan melindungi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di wilayah akreditasi KBRI Bandar Seri Begawan, termasuk di Distrik Temburong.

“Rangkaian kegiatan pelayanan terpadu ke Temburong ini merupakan komitmen KBRI Bandar Seri Begawan untuk mewujudkan kehadiran negara dalam melindungi WNI di Brunei Darussalam," kata Dubes Ubaedillah dalam keterangan tertulis KBRI Bandar Seri Begawan di Jakarta, Senin.

Dubes juga menghimbau WNI di Brunei Darussalam agar senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan serta mematuhi hukum dan peraturan yang ada di Brunei.

Komitmen tersebut disampaikan dubes pada acara penyuluhan dan sosialisasi kekonsuleran, keimigrasian dan ketenagakerjaan di Temburong pada Sabtu (18/11) yang dihadiri lebih dari 100 PMI. "Diperkirakan terdapat 300 orang WNI/PMI berdomisili di Daerah Temburong".
Baca juga: Dubes: Indonesia berpeluang kirim tenaga perawat ke Brunei

Pelayanan jemput bola ke kantong-kantong WNI yang dikenal dengan warung konsuler itu dilakukan secara terpadu dan WNI yang hadir kebanyakan berasal dari Jawa tengah dan Jawa Timur.

Salah satu bukti komitmen KBRI Bandar Seri Begawan untuk mewujudkan negara hadir dalam pelayanan dan pelindungan WNI adalah melalui pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI WBK).

Pada acara tersebut, KBRI Bandar Seri Begawan juga menayangkan simulasi reservasi daring melalui aplikasi Smartqueue Appointment dan pembayaran secara cashless sebagai bagian dari inovasi KBRI dalam pembangunan ZI WBK 2023.
Baca juga: KBRI Brunei, BPJS Ketenagakerjaan berkomitmen lindungi pekerja migran

Kedua inovasi tersebut bertujuan untuk memudahkan dan memberikan kepastian kepada WNI untuk mendapatkan pelayanan KBRI Bandar Seri Begawan dan diharapkan dapat mewujudkan pelayanan prima yang efektif dan efisien serta bebas dari praktek KKN di lingkungan KBRI Bandar Seri Begawan.

Kegiatan pelayanan terpadu di Temburong juga dimanfaatkan Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) dan Panitia Pengawas Pemilu Luar Negeri (Panwaslu) Brunei Darussalam untuk berbagi informasi penting terkait Pemilu, terutama terkait tata cara pencoblosan yang benar dan penjaringan peserta Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) di Brunei Darussalam.

Masyarakat Indonesia di Temburong dan sekitarnya yang hadir pada kegiatan pelayanan terpadu mengapresiasi KBRI Bandar Seri Begawan atas kegiatan pelayanan jemput bola yang sangat membantu WNI/PMI, demikian menurut pernyataan tersebut.

Baca juga: KBRI BSB adakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi WNI/PMI
Baca juga: Dubes nilai IKN Nusantara untungkan Indonesia dan Brunei
Baca juga: Pasar Rakyat KBRI kembali curi perhatian warga di Brunei

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023