Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPP Partai Nasdem Syahrul Yasin Limpo mengusulkan agar pemerintah memacu produksi jagung petani untuk menekan harga pakan ayam, sehingga komoditas unggas nasional bisa bersaing dengan Brazil.

"Separuh biaya produksi peternak habis untuk pakan ayam. Kalau harga pakan bisa diturunkan, biaya produksi bisa rendah dan harga jual ayam Indonesia akan bersaing," ujar Syahrul Yasin Limpo dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan pascaputusan Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO), Brazil berpeluang mengekspor kembali ayam ke Indonesia.

Meskipun Pemerintah telah menyatakan untuk tidak mengimpor ayam dari Brazil karena Indonesia sudah kelebihan pasokan daging ayam, faktanya saat ini harga ayam Brazil jauh lebih murah.

"Ayam Brazil bisa murah karena negara itu memproduksi banyak sekali jagung yang merupakan bahan utama pakan ayam. Harga jagung Brazil separuh harga jagung Indonesia," jelas dia.

Dia mengatakan seluruh unit kerja pemerintah dari pusat hingga daerah serta lembaga terkait perlu memacu produksi jagung. Sebab, selama ini lebih dari separuh kebutuhan jagung Indonesia masih diimpor yang mengakibatkan pakan unggas, khususnya ayam menjadi melambung.

"Benahi dari dasarnya, pacu produksi jagung, agar komoditas ayam kita bisa bersaing," kata dia.

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018