Perlu kolaborasi atau kerja sama antardesa untuk memaksimalkan potensi dan pengembangan sumber dayanya
Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengingatkan desa-desa di Tanah Air harus mengetahui potensi yang dimilikinya agar dapat diolah dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa.
 
"Jadi tentu, potensi atau pemberdayaan sumber daya itu yang paling penting, utamanya," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Pengembangan Ekonomi dan Investasi Kemendes PDTT Harlina Sulistyorini dalam webinar bertajuk "Peningkatan Kinerja BUMDesa dengan Mengembangkan Ekosistem Inovasi", sebagaimana dipantau melalui kanal YouTube BBPPM Yogyakarta di Jakarta, Selasa.
 
Ia mencontohkan, apabila desa memiliki potensi pengembangan jagung, jangan sampai mereka justru mengembangkan ikan menjadi kegiatan usaha.
 
Harlina mengatakan pula bahwa optimalisasi peningkatan ekonomi di desa itu dapat dilakukan dengan pembangunan kolaborasi antardesa yang memiliki potensi yang sama. Melalui kolaborasi dari desa-desa yang memiliki potensi serupa, ia meyakini potensi itu dapat dikembangkan secara maksimal.

"Perlu kolaborasi atau kerja sama antardesa untuk memaksimalkan potensi dan pengembangan sumber dayanya," katanya.
 
Berikutnya, Harlina mengimbau Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mengambil peran mengelola potensi dan sumber daya yang ada di desa itu untuk memaksimalkan peningkatan ekonomi masyarakat desa.
 
Akan tetapi, ia mengingatkan agar BUMDes juga memikirkan persoalan pasar. Ia mengimbau pihak BUMDes benar-benar memastikan pemasaran produk usahanya menjangkau pasar yang tepat.
 
"Kalau sudah punya produk yang layak dijual, terus jual di mana, itu harus dipikirkan dari awal," katanya.
 
Selain persoalan potensi dan sumber daya, kata dia melanjutkan, terdapat sejumlah peluang lain yang dapat diolah oleh BUMDes menjadi kegiatan usaha. Di antaranya adalah jaringan distribusi dan perdagangan, layanan jasa keuangan, dan pelayanan umum bagi masyarakat yang menyangkut kebutuhan dasar, seperti listrik dan sanitasi.

Menurut Harlina, hal-hal itu dapat diolah oleh BUMDes menjadi kegiatan usaha yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat desa.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024