Barcelona (ANTARA News) - Mercedes, di mana Valtteri Bottas kembali lebih cepat dari juara dunia Lewis Hamilton, menjadi pemimpin pada latihan pertama Grand Prix Spanyol pada Jumat, di mana pebalap Ferrari Sebastian Vettel menjadi yang terbaik dari sisanya.

Bottas mencatatkan waktu terbaik dengan catatan satu menit 18,148 detik dengan ban lembut, lebih cepat 0,849 detik dibanding rekan setimnya yang merupakan juara dunia empat kali yang menang dari posisi start terdepan tahun lalu.

Vettel, yang akan mengejar "pole position" untuk keempat kalinya secara beruntun pada Sabtu, lebih cepat dengan ban super lunak namun lebih lambat 0,950 detik dibanding pebalap Finlandia di Circuit de Catalunya yang panas namun berangin.

Hamilton unggul atas sang pebalap Jerman, yang juga merupakan juara dunia empat kali, sebesar empat poin setelah empat balapan.

Pebalap Red Bull Max Verstappen merupakan pebalap tercepat urutan keempat, namun rekan setimnya yang berasal dari Australia Daniel Ricciardo mengalami masalah pada sesi pertamanya di trek sejak kedua pebalap bertubrukan di Grand Prix Azerbaijan 12 hari silam.

Safety car virtual segera masuk ke trek, di mana mobil Ricciardo menyusuri gravel dan menuju pagar pembatas, dengan beberapa mobil lain juga terpelintir. Pebalap Australia ini menduduki posisi ketujuh di kualifikasi.

Pahlawan tuan rumah Fernando Alonso memulai akhir pekan dengan menduduki urutan keenam, di belakang pebalap Ferrari Kimi Raikkonen, di mana mobil McLarennya menggunakan moncong yang telah banyak direvisi.

Williams memiliki sesi percobaan lain ketika pebalap cadangan asal Polandia Robert Kubica ambil bagian pada balapan akhir pekan untuk pertama kalinya sejak 2010, tiga bulan sebelum ia menderita luka-luka serius akibat kecelakaan saat mengikuti reli.

Mantan pemenang balapan itu menghuni urutan ke-19, dengan catatan waktu 1:21,510, namun lebih cepat dari pebalap muda Kanada yang merupakan rekan setimnya Lance Stroll yang berada di posisi terakhir dalam catatan waktu dengan torehan 1:22,756 setelah mobilnya masuk ke gravel.

Baca juga: Hamilton menangi GP F1 Azerbaijan

"Tidak dapat dipercaya betapa buruknya keseimbangannya," keluh Stroll melalui radio.

Kubica menggantikan pebalap pemula asal Rusia Sergey Sirotkin, yang kembali untuk latihan kedua dan balapan namun dihukum penalti tiga grid, demikian Reuters melaporkan.

(Uu.SYS/H-RF/I015)

Pewarta: antara
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018