Wuxi (ANTARA News) - ASEAN-China Centre (ACC) meminta seluruh media baik dari negara-negara ASEAN maupun China untuk menyebarkan energi positif yang mendukung kerja sama antara ASEAN dan China.

Sekretaris Jenderal ASEAN-China Centre Yang Xiuping dalam sambutannya pada pembukaan Forum Kerja Sama ASEAN-Cihina Media Forum yang pertama kali digelar di Wuxi, China, Sabtu menyampaikan tiga usulan guna meperkuat peran media dalam kerja sama antarnegara tersebut.

"Pertukaran dan kerja sama antarmedia ASEAN dan China memiliki peran yang tidak tergantikan dalam memperkaya kemitraan strategis antara ASEAN dan China. Dengan ini, media dari kedua pihak harus meningkatkan upayanya dalam mengumpulkan dukungan yang lebih kuat lagi dalam hubungan ASEAN dan China,?" katanya.

Tiga hal yang menjadi usulan ASEAN China-Centre adalah pertama, menyebarkan energi yang positif untuk kerja sama yang ramah, mendorong mekanisme jangka panjang untuk pertukaran dan kerja sama, dan ketiga memanfaatkan teknologi baru untuk menggali cara baru kerja sama.

"Kedua pihak perlu untuk mencari tren baru kerja sama ASEAN-China, meneruskan untuk meliput perkembangan ekonmi dan sosial secara objektif, menyebarkan informasi yang mengajak masyarakat luas untuk bergabung dan mendukung kerja sama ASEAN dan China," katanya.

Untuk poin yang kedua, lanjut dia, kedua pihak harus mempertimbangkan membangun kesuksesan dalam forum tersebut, melembagakan kegiatannya dan menjalin kerja sama yang lebih stabil dan lancar, katanya.

Ketiga, yang menuturkan, kedua pihak harus memanfaatkan kesempatan yang baik di tahun inovasi ASEAN-China untuk mendongkrak aplikasi dan kerja sama media teknologi media baru dan melakukan pengembangan secara mendalam hubungan bilateral yang memberikan manfaat kepada dua miliar penduduk.

Dia mengatakan pihaknya akan terus memfasilitasi pertukaran antara organisasi media kedua pihak, baik ASEAN maupun China guna memberikan kontribusi yang lebih besar dalam memperdalam kemitraan strategis yang semakin dekat antara ASEAN dan China.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018