New York (ANTARA News) - Produser film Harvey Weinstein, hari ini, diserahkan  kepada pihak berwenang di kantor polisi New York City berkaitan dengan dakwaan kejahatan seks, beberapa bulan setelah dia digulingkan dari struktur paling tinggi Hollywood oleh puluhan wanita yang menuduhnya melakukan pelecehan.

Sekitar 70 wanita menuduh pendiri studio film Miramax dan Weinstein Co itu telah melakukan pelecahan seksual, termasuk pemerkosaan, yang di antaranya terjadi berpuluh tahun silam.

Rangkaian tuduhan yang pertama kali dilaporkan New York Times dan New Yorker tahun lalu itu telah memicu gerakan #MeToo di mana ratusan wanita terang-terangan menuduh orang paling berkuasa dalam dunia bisnis, pemerintah dan hiburan melakukan pelecehan seksual.

Weinstein diperkirakan akan didakwa dengan tuduhan pemerkosaan kepada seorang wanita dan memaksa satu wanita lainnya untuk melakukan seks oral, tulir New York Times seperti dikutip Reuters.

Weinstein membantah semua tudingan itu.

Juru bicara Weinstein, Juda Engelmayer dan pengacaranya  Benjamin Brafman, sama-sama menolak berkomentar kepada Reuters kepada dakwaan kepada kliennya itu.

Dakwaan jaksa itu disampaikan setelah beberapa bulan penyelidikan yang melibatkan kantor jaksa wilayah Manhattan.

Korban pemerkosaan itu tidak diidentifikasi, tulis The Times, tetapi Weinstein akan didakwa dengan pemerkosaan tingkat pertama dan ketiga.

Kasus lainnya melibatkan tuduhan dari Lucia Evans, mantan aktris figuran yang mengaku kepada New Yorker bahwa Weinstein telah memaksanya untuk oral sex pada 2004, demikian Reuters

Baca juga: Ashley Judd gugat Harvey Weinstein

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018