Jakarta (ANTARA News) - Berikut lima berita pilihan pada Rabu (6/6):


Presiden kunjungan kerja ke Jabar

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Jawa Barat (Jabar), Rabu, dengan agenda salah satunya untuk meresmikan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) yang fokus melayani para nelayan.

Bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Presiden beserta rombongan lepas landas dengan menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU pada pukul 08.20 WIB melalui Pangkalan TNI AU Atang Sendjaja, Kabupaten Bogor.

Tiba di Helipad Lapangan Sepak Bola Desa Bayurlor, Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang pukul 08.50 WIB, Presiden dan Ibu Iriana menyapa warga dengan bersalaman dan dilanjutkan dengan membagikan buku tulis, demikian sebagaimana disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.


Titik rawan macet yang mesti diwaspadai di jalan Tol Trans Jawa

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyebutkan beberapa titik rawan macet di jalan Tol Trans Jawa yang harus diwaspadai para pemudik.

"Yang pertama di Gate Tol Kertasari (Tegal). Ini memindahkan pintu Brexit 24 kilometer ke arah yang jalan tol. Itu sebenarnya sudah selesai, sudah akan diresmikan tapi masih kami fungsionalkan supaya tetap gratis dulu sampai Lebaran. Itu nanti pintunya membayarnya dari situ. Tapi itu gratis semua," kata Basuki usai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2018 di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Rabu. 

Selengkapnya di sini


Rupiah naik ke posisi Rp13.870 per dolar AS

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu pagi naik 10 poin menjadi Rp13.870 per dolar AS dari Rp13.880 per dolar AS setelah sempat melemah ke level Rp13.885 per dolar AS pada awal perdagangan.

"Sentimen dari dalam negeri telah terserap oleh pelaku pasar sehingga membuat laju rupiah berkurang volatilitasnya," kata Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada.

Ia mengatakan telah terserapnya semua sentimen di pasar membuat kenaikan rupiah mulai terbatas sehingga pelaku pasar beralih ke mata uang lainnya yang memiliki ruang penguatan lebih tinggi.


Trump dan Kim Jong Un bertemu di Pulau Sentosa

Pertemuan tingkat tinggi antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un akan diadakan di Pulau Sentosa, Singapura, kata Gedung Putih seperti dikutip Reuters.

Juru Bicara Gedung Putih Sarah Sanders via Twitter menyatakan bahwa tempat pertemuan akan berada di Hotel Capella di Pulau Sentosa. Dia berterima kasih kepada Singapura atas kesediannya.  KTT ini akan dimulai 12 Juni pagi mendatang.

Trump berkata kepada wartawan di Ruang Oval bahwa rencana pertemuan pertama seorang presiden AS dengan seorang pemimpin Korea Utara itu berjalan sesuai rencana.



Menteri Susi Pudjiastuti menuai pujian dunia internasional

Direktur Jenderal FAO Jose Graziano da Silva menyampaikan apresiasi dan pujian kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti karena berperan secara konsisten dalam pemberantasan ilegal fishing di laut.

"Susi Pudjiastuti telah memulai dan menjadi yang pertama dalam upaya konsisten melawan segala bentuk aktivitas ilegal di laut, tidak hanya soal penangkapan ikan ilegal," ujar Jose. Pujian serupa juga datang dari Komisioner Uni Eropa untuk Urusan Perikanan dan Maritim, Karmenu Vella.

"Dunia harus bersatu memerangi penangkapan ikan secara ilegal yang marak terjadi di dunia yang wilayah operasinya melintasi batas antar negara. Untuk itu, dibutuhkan kerja sama internasional untuk memeranginya bersama-sama," kata Menteri Susi dalam siaran pers Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang diterima di Jakarta, Rabu.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018