Helsinki (ANTARA News) - Pejabat militer Amerika Serikat dan Rusia akan bertemu di Helsinki hari ini sebagai bagian dari perundingan mencegah konflik-konflik seperti di Suriah dan Ukraina memanas, kata pejabat Finlandia dan Amerika Serikat.

Kepala Staf Gabungan AS Jenderal Joe Dunford akan bertemu dengan Kepala Staf Angkatan Bersenjata Rusia Jenderal Valery Gerasimov di sebuah lokasi yang dirahasiakan di ibu kota Finlandia itu, umum militer Finlandia, Kamis waktu setempat.

Mereka kadang berbicara melalui telepon dan telah bertemu setidaknya dua kali sebelumnya, termasuk di Azerbaijan dan Turki tahun lalu, ketika diskusi berfokus pada mencegah kecelakaan di Suriah, tempat kedua negara melakukan operasi militer terpisah.

Setelah Rusia memulai operasi di Suriah pada akhir 2015 guna mendukung rezim Presiden Bashar al-Assad, koalisi pimpinan AS dan Moskow menyiapkan saluran telepon langsung yang bertujuan mencegah kedua belah pihak bentrok saat operasi.

Jalur titu digunakan hampir setiap hari dan, meskipun tidak sempurna, berhasil mencegah beberapa bentrokan antara pejuang yang didukung AS dan pejuang yang didukung Rusia.

Juru bicara Dunford Kolonel Pat Ryder dalam pernyataannya menyampaikan, Dunford dan Gerasimov akan membahas pencegahan bentrokan dalam operasi koalisi dan Rusia di Suriah.

"Dan bertukar pandangan tentang keadaan hubungan militer AS-Rusia dan situasi keamanan internasional saat ini di Eropa dan kawasan penting lainnya,” kata Ryder.

Menurut AFP, perwakilan pasukan pertahanan Finlandia tidak akan terlibat dalam pertemuan itu.

Penerjemah: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018