Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 1.000 orang mengikuti mudik gratis bersama PT Hutama Karya pada Sabtu dan Senin (11/6) dalam program Mudik Bareng Guyub Rukun Lebaran 2018.

"Kami memudahkan para karyawan dan keluarga mereka yang akan mudik ke kampung halaman masing-masing dengan menyediakan 13 bus dari Jakarta pada Sabtu dan Senin. Target kami ada 1.000 orang yang mengikuti mudik Hutama Karya tahun ini," kata Direktur Sumber Daya Manusia dan Pengembangan PT Hutama Karya (Persero) Putut Ariwibowo setelah melepas rombongan pemudik di kantor pusat Hutama Karya di Jakarta, Sabtu.

Sembilan bus mudik bersama Hutama Karya dari Jakarta pada Sabtu itu bertujuan sejumlah kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, serta Jawa Timur seperti Tasikmalaya, Brebes, Solo, Kulon Progo, Klaten, Surabaya, Malang, Jember, hingga Bojonegoro.

Sementara, empat bus mudik Hutama Karya berangkat dari lokasi proyek di Pangandaran menuju Cilacap, Grobogan, Purworejo, dan Kediri.

Hutama Karya juga menyertakan satu bus mudik di lokasi Mudik Bareng Guyub Rukun BUMN Lebaran 2018 di Ancol, Jakarta Utara, bersama 61 perusahaan lain milik negara.

"Selain mudik gratis, kami juga menyiapkan makanan ringan, kupon makan, asuransi jiwa, serta obat-obatan bagi para peserta sebagai antisipasi perjalanan," kata Putut.

Hutama Karya akan kembali melepas tiga bus mudik bersama libur Lebaran 2018 dari Jakarta pada Senin dengan tujuan Bojonegoro, Cilacap, dan Pati.

"Mudik Hutama Karya tahun ini menjadi bagian dari program mudik Kementerian BUMN dengan target peserta lebih dari 200 ribu orang," kata Putut.

Program Mudik Bareng Guyub Rukun Lebaran 2018 yang melibatkan 62 perusahaan BUMN itu merupakan program keempat Kementerian Badan Usaha Milik Negara yang memfasilitasi mudik dengan tujuan wilayah barat ataupun wilayah timur Indonesia.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno mengatakan Mudik Bareng BUMN 2018 menjadi wujud sinergi BUMN untuk melayani masyarakat serta mengalihkan penggunaan sepeda motor sebagai sarana transportasi mudik ke moda lain seperti bus, kereta api, dan kapal laut.

Kementerian BUMN mencatat sebanyak 206.209 pemudik mengikuti Mudik Bareng BUMN 2018 atau naik 74,43 persen dari peserta mudik 2017 sebanyak 118.220 orang. 

Baca juga: Rini lepas keberangkatan 26.000 penumpang mudik BUMN

Baca juga: Waskita berangkatkan 2.007 pemudik Lebaran 2018

Baca juga: Hari ini, Jasa Raharja pulangkan 26 ribu pemudik ke 177 kota tujuan

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018