Makassar (ANTARA News)- PSM Makassar puncaki klasemen sementara Liga 1 2018 usai mengalahkan Persebaya Surabaya dengan skor 1-0 di Stadion Gelora Andi Mattalatta Mattoanging, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu malam.

Satu-satunya gol yang tercipta sudah mengangkat posisi tim "Juku Eja" menggeser Barito Putera di posisi puncak klasemen dengan 24 poin itu diciptakan Risky Pellu ketika pertandingan berjalan 72 menit.

PSM yang bertekad mengamankan poin kandang langsung menggebrak pada menit awal pertandingan dengan lahirnya peluang dari Ferdinand Sinaga. Namun peluang ini masih mampu diantisipasi oleh penjaga gawang Persebaya Surabaya Miswar.

Memasuki menit ke-8, PSM kembali mampu melahirkan peluang yang kali ini didapatkan Wiljam Pluim yang dipertandingan tersebut dipercaya sebagai kapten tim.

Namun kesigapan pemain bertahan Persebaya Surabaya masih begitu baik dengan sukses melakukan bloking dan hanya menghasilkan tendangan penjuru bagi tim "Juku Eja".

Peluang PSM itu langsung dijawab Irfan Jaya usai menerima umpan lambung dari Ricky Kayame. Sayang tendangannya masih menyamping ditiang gawang PSM yang dikawal Rivki Mokodompit.

Begitu peluang kedua Irfan Jaya yang sukses menyambut umpan dari Rendi dari sisi kanan pertahanan PSM yang sundulannya masih melambung di atas mistar gawang PSM.

Menjelang berakhirnya pertandingan babak pertama, tuan rumah PSM kembali mendapatkan sebuah peluang melalui tendangan bebas dari Ferdinand Sinaga. Namun lagi-lagi tendangannya gagal menembus gawang Persebaya dan hanya menerpa tiang.

Peluang ini sendiri merupakan kesempatan terakhir dalam pertandingan tersebut sebelum wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan babak pertama.

Memasuki babak kedua, PSM kembali mencoba melakukan upaya yang sama seperti babak pertama demi mencuri gol cepat.

Tetapi upaya itu belum berjalan sesuai rencana. Kondisi itu membuat tim pelatih PSM melakukan sebuah perubahan dengan menarik Saldy dan memasukkan M Rahmat untuk mempertajam serangan sayap.

PSM akhirnya mampu unggul ketika pertandingan memasuki menit ke 72 melalui tandukan Risky Pellu usai menyambut umpan melalui tendangan pojok.

Bahkan tuan rumah nyaris menambah keunggulan dua menit berselang melalui sundulan Wiljam Pluim. Namun sundulannya masih berada tipis di atas mistar gawang Persebaya Surabaya.

Beberapa peluang dari tim tuan rumah didapatkan di sisa laga namun tidak ada yang mampu menjadi gol sehingga skor 1-0 tetap bertahan hingga wasit meniup peluit sebagai tanda pertandingan resmi berakhir.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018