Kami memprediksi kepadatan arus mudik Lebaran akan terjadi pada Minggu malam."
Batang (ANTARA News) - Arus kendaraan para pemudik di sepanjang jalur tol fungsional Batang-Semarang maupun di jalur pantai utara (pantura) di Provinsi Jawa Tengah terpantau padat dan lancar pada Minggu siang.

Kepala Kepolisian Resor Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga di Batang, Minggu, mengatakan bahwa hingga sekitar pukul 13.30 WIB arus mudik berkendara baik yang melalui jalur pantura dan jalan tol fungsional Batang-Semarang belum terjadi penumpukan arus kendaraan.

"Kondisi arus mudik masih lancar saja meski sedikit ada peningkatan jumlah kendaraan. Kami memprediksi kepadatan arus mudik Lebaran akan terjadi pada Minggu malam," katanya.

Baca juga: Arus lalu lintas Pantura Batang padat merayap

Baca juga: Truk terguling di Batang perjalanan pemudik tersendat


Ia mengatakan sejumlah lokasi yang semula diperkirakan menimbulkan titik kerawanan kemacetan seperti exit Gringsing hingga Minggu siang ini juga masih relatif lancar.

"Kendati demikian, kami mengimbau pada pemudik berkendaraan tetap hati-hati dan menjaga kewaspadaan saat melajukan kendaraannya karena kondisi jalan tol fungsional juga sepenuhnya baik dilalui," katanya.

Selain itu, kata dia, bagi pemudik berkendaraan yang sudah merasakan lelah dan mengantuk lebih baik digunakan untuk beristirahat di sejumlah tempat istirahat (rest area).

"Kami imbau pengemudi kendaraan yang sudah lelah dan mengantuk tidak memaksakan diri melanjutkan perjalanannya, tetapi lebih baik beristirahat sejenak" katanya.

Konvoi kendaraan di jalan tol fungsional Batang-Semarang tampak lancar dengan kecepatan sekitar 50 kilometer per jam.

Adapun, arus mudik kendaraan di jalur pantura dekat stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Kandeman dari arah Semarang menuju Jakarta sedikit tersendat akibat adanya truk mogok.

Baca juga: RSUD Batang bentuk tim khusus layanan Lebaran

 

Pewarta: Kutnadi
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018