Mamuju (ANTARA News) - Jumlah penumpang arus mudik pada H-5 atau lima hari sebelum Idul Fitri 2018 di Terminal Tipe A Simbuang Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat mengalami penurunan dibanding hari sebelumnya.

"Terjadi penurunan penumpang arus mudik di Terminal Simbuang hari ini (Minggu) dibanding hari sebelumnya atau pada H-6, yakni pada Sabtu malam (11/6)," ujar Kepala Terminal Simbuang Mamuju, Sukri, Minggu malam.

Pada Minggu malam lanjutnya, jumlah bus yang berangkat dari Terminal Simbuang Mamuju dengan trayek Kota Makassar Sulsel sebanyak sembilan bus yang mengangkut 249 penumpang.

Namun jumlah itu juga tambahnya, naik dibandingkan pada H-5 saat arus mudik Idul Fitri tahun sebelumnya (2017) yang hanya 208 penumpang dengan diangkut sembilan bus.

Sedangkan untuk kedatangan penumpang dari Kota Makassar yang tiba di Terminal Simbuang pada Minggu kata Sukri, sebanyak 258 dengan diangkut 10 bus.

"Untuk kedatangan di Terminal Simbuang hari ini sebanyak 10 bus dengan 258 penumpang atau naik dibanding kedatangan penumpang pada hari sebelumnya (Sabtu) atau pada H-6 yang hanya sebanyak 215 orang dengan diangkut 10 armada," terang Sukri.

Seperti pada pemberangkatan arus mudik di Terminal Simbuang pada H-7 dan H-6, setiap awak bus dan sopir juga harus menjalani pemeriksaan kesehatan dan tes urine untuk memastikan seluruh awak bebas dari narkoba dan tidak dalam pengaruh minuman keras.

Begitu pun dengan pemeriksaan fisik kendaraan lanjutnya, tetap diperiksa untuk memastikan bus angkutan mudik tersebut laik beroperasi.

"Tetap dilakukan pemeriksan seluruh awak bus serta kelaikan armada untuk memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan para penumpang arus mudik," ucapnya.

"Jadi, pemeriksaan kesehatan dan kelaikan kendaraan itu akan terus diintensifkan hingga pada proses arus balik nanti. Setiap sopir dan awak bus harus melalui pemeriksaan kesehatan dan urine untuk memberikan rasa aman kepada para penumpang," jelas Sukri.

Ia menyatakan, proses pemberangkatan bus arus mudik pada H-5 yang berlangsung mulai pukul 21. 00 Wita itu berjalan dengan lancar, aman dan tertib.

"Seluruh proses pemberangkatan hari ini berjalan tertib, aman dan lancar. Kami berharap, seluruh proses arus mudik hingga arus balik tahun ini berjalan dengan baik," kata Sukri.

Pewarta: Amirullah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018