Cibinong, Bogor (ANTARA News) - Polres Bogor, Jawa Barat menyatakan sejak pukul 06.30 Wib kepadatan lalulintas dari Jakarta dan keluar di Gerbang Tol (GT) Ciawi kembali menunjukkan kemacetan lalulintas pada arah Jalur Puncak, sehari setelah Lebaran.

"Itu karenanya setelah masyarakat melakukan tradisi silahturahmi dengan sanak saudara yang terjadi pada Jumat (15/6) dan untuk saat ini pergi ke tempat wisata," kata Kepala Satuan Lalulintas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama di Cibinong, Sabtu.

Menurut dia, peningkatan volume kendaraan dari arah Jakarta menuju puncak menyebabkan terjadinya kepadatan serta antrian kendaraan sepanjang satu kilometer.

Dan dari data jumlah kendaraan yang masuk ke wilayah Puncak sejak tanggal 15 Juni 2018 hingga pagi ini sebanyak 33.754 kendaraan roda empat.

"Itu pada umumnya dalam liburan dari arah Jajarta menuju ke Puncak-Kabupaten Bogor didominasi oleh kendaraan pribadi," katanya.

Untuk itu petugas kepolisian memberlakukan sistem satu arah guna mengurangi kepadatan lalulintas tersebut. Itu dimulai sejak 07.00 Wib hingga waktu yang tidak dapat ditentukan (tentatif).

Dalam menyikapi kemacetan lalulintas menghimbau kepada masyarakat yang ingin menuju Cianjur dapat menggunakan Jalur Cibubur-Jonggol-Cariu-Cianjur.

Ia menambahkan masyarakat juga bisa menggunakan Jalur Tol Bocimi (Bogor, Cianjur, Sukabumi) jika ingin ke Cianjur dan Sukabumi. Dan itu dapat ditempuh dengan jarak 15 Km.

Baca juga: Tol Bocimi siap digunakan untuk Mudik

Masyarakat bila menggunakan Jalur Bocimi hanya menghabiskan waktu 20 menit. Tentu dengan jarak yang dekat seharusnya dapat ditempuh dengan cara cepat.

Namun bila hal tersebut tidak dilakukan maka pengendara roda empat akan sampai Cianjur dengan membutuhkan waktu hingga empat jam.

Lanjut AKP Hasby menjelaskan dalam hal ini masyarakat yang hendak menuju Jakarta dari Cianjur dapat mengunakan jalur alternatif.

Itu melalui kawasan jalur Bogor Puncak Cianjur diantaranya Simpang Pasir Muncang, Simpang Pasir Angin, Simpang Mega Mendung.

Kemudian melalui Simpang Taman Wisata Matahari, Taman Safari, dan Simpang Warung Kaleng.

Baca juga: Jelang tengah malam, jalur Puncak-Cianjur makin padat

Baca juga: Sebagian bisa digunakan mudik bulan ini, Tol Ciawi-Sukabumi tekan kemacetan

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018