Jakarta (ANTARA News) - Kompetisi balap MotoGP musim 2018 telah memasuki seri ketujuh yang akan digelar di Sirkuit Barcelona, Katalunya, Minggu.

Jorge Lorenzo akan memulai balapan dari barisan terdepan untuk pertama kalinya bersama Ducati sejak terakhir kali mencicipi posisi pole pada sesi kualifikasi di GP Valencia, dua tahun silam.

Berdasarkan catatan MotoGP dalam 10 tahun terakhir, Lorenzo merupakan salah satu pebalap selain Valentino Rossi yang berpengalaman merebut juara di Barcelona.

Jika Rossi sudah 10 kali juara di Barcelona, Lorenzo cukup berpengalaman dengan lima kali juara antara lain empat kali saat memperkuat Yamaha di kelas utama dan satu kali di kelas 250 cc bersama Aprilia.

Baca juga: Rossi: 'Bodoh' jika mencoret Lorenzo dari persaingan juara

Baca juga: Lorenzo rebut pole di GP Barcelona, pertama sejak 2016


Pada balapan malam nanti, Lorenzo berpeluang besar mencapai podium menyusul penampilannya yang menanjak seusai memenangi MotoGP Mugello pada awal bulan ini. Apalagi pada balapan di Barcelona, Lorenzo akan memulai dari posisi terdepan.

Namun upaya Lorenzo tidak akan mudah karena dalam beberapa tahun belakangan, posisi tercepat di Barcelona selalu digilir oleh beberapa pebalap.

Andrea Dovizioso dari Ducati berhasil mencuri podium pertama pada tahun lalu, setelah Valentino Rossi menjuarai GP Katalunya pada 2016.

Pemuncak klasemen sementara Marc Marquez juga pernah merasakan panggung juara di Katalunia pada 2014, setelah Lorenzo menjadi yang tercepat pada dua tahun berturut-turut yakni 2012 dan 2013.

Baca juga: Lorenzo jadi rekan Marquez di Honda mulai musim depan

Baca juga: Marquez akui susah tandingi kecepatan Lorenzo di Mugello


Berikut daftar pemenang GP Katalunya 10 tahun terakhir dilansir MotoGP:
 
Tahun Pebalap Motor
2017
2016
2015
2014
2013
2012
2011
2010
2009
2008
Andrea Dovizioso
Valentino Rossi
Jorge Lorenzo
Marc Marquez
Jorge Lorenzo
Jorge Lorenzo
Casey Stoner
Jorge Lorenzo
Valentino Rossi
Dani Pedrosa
Ducati
Yamaha
Yamaha
Honda
Yamaha
Yamaha
Honda
Yamaha
Yamaha
Honda

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018