Studi: pemulihan ekologis China kurangi polusi debu

Studi: pemulihan ekologis China kurangi polusi debu

Ilustrasi polusi udara. (Reuters)

Beijing (ANTARA News) - Proyek restorasi ekologis China bermanfaat dalam mengendalikan erosi debu dan mengurangi konsentrasi debu di Dataran China Utara, terutama selama musim semi, demikian hasil penelitian yang baru-baru ini diterbitkan.

Untuk memperbaiki kondisi lingkungan dan mengurangi masalah ekologis, China memulai proyek restorasi ekologi skala besar seperti Proyek Perlindungan Hutan Alam dan Grain for Green Program.

Proyek-proyek ini telah meningkatkan cakupan vegetasi, namun, penelitian sebelumnya tidak mengukur efektivitas proyek-proyek ini pada konsentrasi debu.

Para ilmuwan dari Institut Lingkungan Bumi di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan China menggunakan pengamatan penginderaan jauh satelit, pengamatan tanah, dan simulasi model untuk melakukan penilaian kuantitatif dari efek proyek restorasi ekologis China pada pengendalian debu di China utara.

Hasil penelitian diterbitkan dalam Kimia Atmosfir dan Fisika.

Menurut penelitian tersebut, proyek restorasi ekologis ini mengurangi sumber pasir, dengan polusi debu turun 5 persen hingga 15 persen di China utara.

Studi ini juga memberikan referensi untuk proyek restorasi ekologis dan pencegahan pasir di China di masa depan. Demikian dilansir Kantor Berita Xinhua.

Penerjemah: Sella Gareta
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Ini Alasan Pertamina Berencana Hentikan Penjualan BBM Jenis Premium

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar