Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional Uruguay berhasil memastikan satu tempat di putaran 16 besar Piala Dunia 2018 meski hanya meraih kemenangan tipis 1-0 atas Arab Saudi dalam laga lanjutan penyisihan Grup A Piala Dunia di Stadion Rostov Arena, Rusia, Rabu.

Berkat kemenangan tersebut, Uruguay memantapkan posisinya di peringkat kedua klasemen sementara Grup A dengan raihan enam poin sekaligus mendampingi tuan rumah Rusia (6) ke babak 16 besar.

Meski sama-sama memiliki raihan enam poin, Uruguay saat ini tertinggal dalam agregat gol hanya surplus dua gol tanpa kebobolan, sedangkan Rusia surplus tujuh gol berkat kemenangan 5-0 dan 3-1 di dua laga yang sudah dijalani.

Uruguay, berpeluang untuk menggusur Rusia dari puncak klasemen Grup A jika saja di laga pamungkas berhasil mengalahkan tuan rumah di Samara Arena, pada Senin (25/6).

Bintang Barcelona, Luis Suarez, menjadi bintang kemenangan Uruguay kali ini, sebab gol semata wayang yang ia cetak pada menit 23 dengan menyambut bola sepak pojok Carlos Sanchez di area tiang jauh.

Selain menjadi penentu kemenangan, gol itu menjadi buah manis dari penampilan ke-100 Suarez berseragam timnas Uruguay.

Sementara Arab Saudi menyusul Mesir yang akan pulang lebih awal dari putaran final Piala Dunia, selepas kedua tim bertemu dalam laga yang tak menentukan apapun pada laga ketiga di Volgograd Arena, Senin (25/6).

Baik Saudi maupun Mesir tentunya mengharapkan bisa menutup perjalanan mereka di Piala Dunia 2018 dengan sebuah kemenangan, meskipun tak mempengaruhi langkah mereka, atau hasil imbang agar keduanya tak pulang dengan tangan hampa boleh jadi merupakan opsi terbaik bagi kedua tim.

Berikut aksi yang terekam tangkapan kamera dalam laga antara Uruguay melawan Arab Saudi :
Para suporter tim nasional Uruguay bersorak di luar Stadion Rostov Arena, jelang laga. (AFP/Joe KLAMAR)
Para pemain tim nasional Uruguay berfoto jelang laga. (AFP/Joe KLAMAR)
 
Para pemain tim nasional Arab Saudi berfoto jelang laga. (AFP/Khaled DESOUKI)
Gol yang dicetak Suarez (kanan). (AFP/Khaled DESOUKI)
 
Selebrasi Suarez. (AFP/Khaled DESOUKI)
 
Suarez melanjutkan perayaan golnya. (AFP/Khaled DESOUKI)
 
Penyerang Uruguay Edinson Cavani (kanan) berjibaku mengamankan bola di bawah kawalan ketat bek Arab Saudi Osama Hawsawi. (AFP/Joe KLAMAR)
 
Gelandang Arab Saudi, Taisir Al-Jassim (kanan), mengalami cedera saat berupaya merebut penguasaan bola. (AFP/Joe KLAMAR)
 
Al-Jassim (tengah) disemangati penjaga gawang Uruguay Fernando Muslera (kiri) saat dipandu tim kesehatan meninggalkan lapangan usai cedera yang dialaminya. (AFP/Joe KLAMAR)
 
Penjaga gawang Arab Saudi, Mohammed Al-Owais (kanan), meninju bola di samping bek Yasser Al-Shahrani. (AFP/Joe KLAMAR)
 
Suarez (kiri) menggiring bola dibayangi gelandang Arab Saudi Abdullah Otayf. (AFP/Pascal GUYOT)
 
Suarez melambaikan tangan ke arah tribun penonton dan para penggemar Uruguay usai mengantarkan negaranya mengalahkan Maroko. (AFP/Joe KLAMAR)

Baca juga: Uruguay lolos ke 16 besar Piala Dunia

Baca juga: Galeri Portugal perbesar peluang ke 16 besar

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018