Presiden tinjau calon lahan "runway" III Soetta

Presiden tinjau calon lahan "runway" III Soetta

Presiden Joko Widodo melakukan peninjauan ke lokasi calon landasan pacu (runway) terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (21/6), yang bertepatan dengan hari ini ulang tahunnya ke-57. (ANTARA News/Desca Lidya Natalia)

Tangerang (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo meninjau lahan yang masih dimiliki warga di Kampung Rawa Rengas, Kosambi, Tangerang, Banten, yang akan dibangun menjadi landasan pacu (runway) III Bandara Soekarno-Hatta.

"Sudah 70 persen diselesaikan pembebasannya, tinggal sisanya sedikit, saya harapkan pembebasannya nanti pada September (2018). Saya kira tidak ada masalah karena ini sedikit lagi, itu deket banget itu," kata Presiden di Rawa Rengas, Tangerang, Kamis.

Ada dua proyek yang sedang dikerjakan di Bandara Soetta yaitu pembangunan landasan pacu (runway) sepanjang 3.000 meter dan "taxi way" (jalur penghubung landasan pacu) sepanjang 3.160 meter. Keduanya pembangunan menelan biaya hingga sekitar Rp1,5 triliun dengan pembangunan landasan pacu baru dimulai pada Maret 2018 dan masih terkendala pembebasan tanah.

"Ini target runway tiga diselesaikan pada Juni 2019," tambah Presiden.

Lokasi lahan tersebut berada di sisi jalan Perimeter Utara Bandara Soekarno Hatta.
 
Presiden Joko Widodo membagikan bingkisan kepada warga saat blusukan ke lokasi calon landasan pacu (runway) terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (21/6), yang bertepatan dengan hari ini ulang tahunnya ke-57. (ANTARA News/Desca Lidya Natalia)


Saat Presiden Jokowi meninjau lahan yang masih ada beberapa rumah warga tersebut, warga pun mendekat ingin bersalaman dengan Presiden.

Presiden pun mendatangi masyarakat dan membagi-bagikan buku tulis serta kain batik yang dibungkus dalam kotak transparan.

"Saya sih tidak minta sembako, sudah cukup salaman sama Pak Jokowi saja," kata seorang perempuan warga setempat yang mendekati Presiden.

Meski tidak mencari pemberian dari Presiden, namun perempuan warga kampung Rawa Rengas itu mendapat buku tulis dari Presiden Joko Widodo.

Saat kunjungan itu, Presiden didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, dan Direktur PT Pembangunan Perumahan Lukman Hidayat.

VIDEO:
 


Baca juga: Presiden tinjau pembangunan "runway" III Bandara Soetta

Baca juga: Bandara Soetta akan bangun terminal IV

Baca juga: Presiden Jokowi belum tentukan waktu temui KPK

Pewarta:
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar