Bandung (ANTARA News) - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil minta para camat dan lurah turun ke lapangan untuk mengecek persiapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak 2018, yang pemungutan suaranya akan berlangsung 27 Juni.

"Para ASN khususnya di kecamatan agar meningkatkan partisipasi untuk menunjukkan di Kota Bandung ini demokrasi begitu meriah, begitu ramai, dan semua warga negara menggunakan haknya," katanya di Bandung, Senin.

"Wayahna (mohon maklum), camat dan lurah harus turun ke lapangan, pastikan kelengkapan pilkada sudah siap, TPS-nya, dan lain-lain," kata dia.

Ridwan juga mengimbau aparat kecamatan dan kelurahan berlomba-lomba menghias tempat pemungutan suara untuk menarik pemilih menggunakan hak pilih mereka.

"Saya meminta seluruh camat untuk melombakan kreativitas dekorasi TPS, ada pesan bahwa di Kota Bandung demokrasi adalah festival kegembiraan, bukan ketegangan," katanya.

Ia menambahkan memilih pemimpin adalah tanggung jawab setiap warga negara, lalu mencontohkan bahwa dalam pemilihan umum Australia warga yang tidak menggunakan hak pilih dikenai denda.

"Warga negara yang tidak memilih itu kena denda, saking wajibnya. Karena, itu kewajiban dan tanggung jawab kita sebagai warga negara," kata dia

Baca juga: Pemilih Bandung capai 1,6 juta lebih
 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018