counter

KPU Cianjur targetkan logistik sampai tepat waktu

KPU Cianjur targetkan logistik sampai tepat waktu

Arsip. Petugas Panitia Penyelenggara Pemilu mengangkut logistik kotak suara dan surat suara Pemilihan Gubernur Jawa Barat, di Bekasi, Jawa Barat, Minggu (24/6/2018). KPU Kota Bekasi menerima sebanyak 1.472.159 lembar surat suara dan penambahan 2,5 persen untuk 3.030 Tempat Pemungutan Suara (TPS) serta selanjutnya didistribusikan ke masing masing wilayah kecamatan guna kesiapan logistik Pemilihan Gubernur Jabar pada 27 Juni. (ANTARA/Risky Andrianto)

Cianjur (ANTARA News) - KPU Cianjur, Jawa Barat, menargetkan logistik untuk Pilkada Jabar 2018 sampai tepat waktu meskipun formulir C sampai C5 baru akan disusulkan ke titik distribusi.

Sehingga pendistribusian hanya sampai ke PPK sebelum disebar ke KPPS karena menunggu formulir di kirim. "Surat suara Pilgub Jabar 2018, sudah didistribusikan, Minggu (24/6). Sedangkan formulir C sampai C5 disusulkan hari ini," kata Divisi Logistik KPU Cianjur, Baban Mahendra di Cianjur, Senin.

Ia menjelaskan, pendistribusian dilakukan dari titik pengemasan surat suara ke sampul suara di GGM Cianjur ke 16 kecamatan di wilayah Cianjur selatan yang merupakan prioritas.

"Untuk hari ini, tinggal fokus pengiriman wilayah utara karena wilayah selatan sudah terkirim satu hari sebelumnya. Pengiriman dilakukan dengan menggunakan truk dan mendapat pengawalan anggota kepolisian sampai tujuan dengan aman," tuturnya.

Meskipun jadwal pengiriman surat suara terlambat dari target yang sudah dibuat lima hari sebelum pelaksanaan pencoblosan, namun pendistribusian dijamin tepat waktu.

Keterlambatan itu karena sampul surat suara yang baru datang Sabtu (23/6) sore, sehingga baru pada Minggu pagi, surat suara dipindahkan dari plastik khusus dari KPU Cianjur ke sampul suara yang disediakan KPU Jabar.

Bahkan surat suara rencananya tidak akan langsung didistribusikan ke 3.821 TPS, namun disimpan dulu ditiap PPK karena KPU Cianjur belum menerima formulir C sampai C5 meskipun formulir tersebut harus diserahkan berbarengan dengan surat suara.

"Formulir C tersebut baru diterima malam tadi dan segera didistribusikan. Surat suara disimpan di PPK sambil menunggu pendistribusian formulir C, agar tidak ada keterlambatan," ucapnya.

Dia menambahkan kondisi geografis Cianjur cukup menyulitkan karena TPS terletak di pelosok yang tidak dapat dijangkau kendaraan baik roda dua atau empat, namun dia berharap tim di tingkat PPS hingga ke KPPS dapat menangani kendala medan.

"Harapan kami Selasa sore sudah tiba di masing-masing KPPS agar pelaksanaan pemilihan nanti tidak ada kendala," ujarnya, berharap.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Pilkada Pandeglang 2020 telan anggaran Rp68,2 miliar

Komentar