Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono melakukan pertemuan tertutup dengan Sekretaris Jenderal Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) Dato Lim Jock Hoi dalam kunjungan hari terakhirnya di Indonesia, Selasa.

Menlu Kono bersama rombongan tiba di Gedung Sekretariat ASEAN di Jakarta didampingi Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii, yang sebelumnya melakukan kunjungan singkat di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Pada kunjungan tiga hari sejak 24 Juni tersebut, Menlu Kono telah melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo serta sejumlah menteri dan pejabat, termasuk memantau pengerjaan prasarana pengangkutan MRT.

Baca juga: Menlu Jepang tinjau proyek MRT Jakarta

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu dengan Kono dan keduanya sepakat tentang kepentingan peningkatan kerja sama di bidang permodalan antara Indonesia dan Jepang.

Kedua Menlu mengikuti pertemuan ke-6 Dialog Strategis Indonesia-Jepang di Kementerian Luar Negeri di Jakarta pada Senin.

Jepang adalah pemodal terbesar ke-2 Indonesia dengan nilai mencapai lima miliar dolar AS pada 2017.

Pada hari sama, Menlu Kono juga bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan guna membahas sejumlah kerja sama kedua negara, terutama di bidang prasarana.

Baca juga: Luhut-Taro bahas sejumlah proyek infrastruktur

"Pertemuan dengan Menlu Jepang tadi menyangkut masalah kerja sama kereta api Jakarta-Surabaya, pelabuhan Patimban, MRT Jakarta. Mereka juga berminat masuk di tol trans-Sumatera dan ingin membuat akuakultur di Natuna," katanya di Kemenko Kemaritiman Jakarta pada Senin.

Luhut mengatakan bahwa kedua pihak akan langsung membentuk satuan tugas khusus untuk segera merampungkan dan mewujudkan kerja sama tersebut.

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018