Jakarta (ANTARA News) - Piala Dunia 2018 di Rusia yang sudah melewati hari ke-13 tetap menghadirkan drama yang selalu menarik untuk disimak pecinta sepak bola.

Setelah lolosnya tim-tim unggulan dari Grup A dan B yang akan saling berhadapan di babak 16 besar, Uruguay vs Portugal dan Rusia vs Spanyol, maka laga terakhir Grup C dan D juga menghasilkan pertemuan yang sengit.

Argentina yang dihujani kritik sejak awal turnamen, akhirnya memastikan lolos di menit-menit akhir, berkat kemenangan 2-1 atas Nigeria, yang membawanya untuk menghadapi Prancis di pertandingan pertama 16 besar pada Sabtu (30/6).

Pada pertandingan lainnya, Prancis tidak mampu berbuat banyak saat ditahan Denmark 0-0, yang menjadi hasil imbang tanpa gol pertama di Piala Dunia 2018.

Berikut sejumlah catatan Piala Dunia hari ke-13 dilansir dari berbagai sumber:

Messi akhiri paceklik gol


Lionel Messi akhirnya mengakhiri puasa golnya selama 660 menit bersama Timnas Argentina di putaran final Piala Dunia, saat membuka keunggulan timnya atas Nigeria, Rabu dini hari WIB.

Kendati menjadi sosok penentu Albiceleste saat lolos ke putaran final dari fase kualifikasi zona Conmebol, Messi belum menjaringkan gol pada dua laga awal fase penyisihan grup saat Argentina terseok-seok di Grup D.

Catatan menarik lainnya adalah tiga dari enam gol Messi di Piala Dunia, tercipta ke gawang Nigeria. Messi mulai mencetak gol pada Piala Dunia 2006 saat masih berusia 18 tahun, dan kini masih terus mencetak gol hingga usia 31 tahun untuk menyamai rekor Diego Maradona dan Gabriel Batistuta sebagai pemain Argentina yang mencetak gol di tiga edisi Piala Dunia.

Baca juga: Eratnya pertalian nasib Nigeria, Argentina, Messi dan Rojo

Hasil imbang tanpa gol pertama

Piala Dunia 2018 telah menggelar 40 laga dari total 64 pertandingan hingga babak final.

Berdasarkan catatan FIFA, pertandingan antara Denmark melawan Prancis merupakan laga pertama yang berakhir imbang tanpa gol dari 36 pertandingan yang selalu dihiasi gol, sebelum laga Argentina vs Nigeria dan Kroasia vs Islandia.

Catatan 36 laga dengan gol itu melewati kemeriahan Piala Dunia 1998 yang selalu menghadirkan gol dalam 32 pertandingan beruntun.

Baca juga: Jadwal 16 besar, Prancis vs Argentina jadi pembuka

17 penalti

Tendangan 12 pas dari Gylfi Sigurdsson ke gawang Kroasia menandai telah terciptanya 17 penalti selama 13 hari gelaran Piala Dunia 2018. 17 penalti itu menyamai catatan gelaran serupa di Prancis pada 1998.

Harry Kane dari Inggris dan Mile Jedinak dari Australia menjadi pencetak gol terbanyak dari penalti dengan masing-masing 2 gol.

Baca juga: Pencetak gol terbanyak Piala Dunia, Harry Kane lewati rekor Ronaldo

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018