Surabaya (ANTARA News) - Pasangan Cagub dan Cawagub Jawa Timur Syaifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarnoputri (Gus Ipul-Puti) unggul dalam perhitungan suara Pilkada Jatim 2018 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 001 dimana Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mencoblos, Rabu.

Informasi yang diperoleh Antara menyebutkan hasil penghitungan surat suara di TPS 001 Kelurahan Jajar Tunggal, Wiyung diketahui dari total 621 pemilih yang terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT), namun yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 468 surat suara.

Dari 460 surat suara, Cagub dan Cawagub Jatim nomor urut 2, Saifullah Yusuf dan Puti Guntur memperoleh 260 suara, pasangan calon nomor urut 1 mendapat 197 suara, sedangkan surat suara yang rusak sebanyak 11 surat suara.

Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 001 Kelurahan Jajar Tunggal Wulan Febrina mengatakan ada 18 pemilih yang mengikuti pencoblosan menggunakan KTP elektronik.

Meski demikian, kata dia, pihaknya mengaku tidak ada kendala dalam proses pemungutan suara. "Tadi ada 18 warga yang ikut memilih dengan mengunkan KTP elektronik dan ada satu pemilih pemula," katanya.

Risma sebelumnya usai menggunakan hak pilihnya di TPS 001 optimistis pasangan Calon Gubernur Jatim dan Wakil Gubernur Jatim, Syaifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarnoputri menang di Kota Surabaya.

"Di atas 50 persen kemenangan Gus Ipul-Puti," ujarnya.

Selama ini, Risma membantu kampanye Gus Ipul-Puti di Surabaya dan daerah lain seperti Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Jombang dan Madiun. Adapun program Gus Ipul dan Puti yang ditekankan adalah pendidikan gratis untuk SMA/SMK.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018