counter

Iklan Wonderful Indonesia di bus-bus Rusia diharapkan tingkatkan kunjungan wisman

Iklan Wonderful Indonesia di bus-bus Rusia diharapkan tingkatkan kunjungan wisman

Salah satu bus yang berbalutkan iklan Wonderful Indonesia versi Borobudur yang beroperasi di jalanan kota Moskow, Rusia, pada 1-20 Juni 2018. (ANTARA/HO/KBRI Moskow)

Moskow (ANTARA News) - Duta Besar RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, M Wahid Supriyadi, mengatakan dengan adanya iklan "Wonderful Indonesia" dari Kementerian Pariwisata yang dipasang pada sejumlah bus di Moskow dan St Petersburg diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan negera tersebut ke Indonesia sebanyak 26 persen.

"Setelah dua kali penyelenggaraan Festival Indonesia atau FI, pertumbuhan wisman asal Rusia meningkat cukup tajam 22,5 persen menjadi sekitar 80.514 tahun 2016, dan tahun 2017 meningkat 37 persen atau tertinggi dibanding wisman negara lain menjadi sekitar 110.529 pengunjung," kata dia dihubungi dari Moskow sedang tugas di Jakarta, Rabu.

"Diharapkan tahun ini dengan penyelenggaraan FI tangal 3 hingga 5 Agustus dan iklan digital yang dipasang oleh Kementerian Pariwisata, wisman asal Rusia mencapai sekitar 150.000 atau meningkat sekitar 26 persen

Dubes yakin jika rencana penerbangan langsung Moskow-Denpasar oleh maskapat UTair terealisasi Oktober tahun ini, maka target itu dengan mudah dapat tercapai.

Sementara Sekretaris Pertama Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Enjay Diana menambahkan dengan iklan promosi pariwisata Wonderful Indonesia di Rusia ini diharapkan masyarakat Rusia semakin mengenal Indonesia dan tertarik berkunjung untuk berwisata.

"Masyarakat Rusia senang berlibur ke pantai atau daerah tropis dan di Indonesia banyak memiliki tempat wisata yang dapat dijadikan pilihan oleh mereka," kata dia.

Menyinggung keberadaan bus tersebut, Enjay mengakui pemasangannya langsung oleh Kementerian Pariwisata dan tidak melalui KBRI. "Namun kita mendapat informasinya bahwa kontraknya di Moskow hanya tanggal 1 hingga 20 Juni 2018," kata dia.

Baca juga: Polisi Rusia evakuasi sejumlah tempat karena ancaman bom

Baca juga: Bus wisata Wonderful Indonesia di Lapangan Merah Moskow

Baca juga: Wonderful Indonesia raih dua penghargaan di Beijing


Enjay menjelaskan, konten yang dipasang pada dua bus wisata beroperasi di Moskow yakni terkait Bali, Borobudur dan ditambah logo Asian Games 2018.

Terkait adanya bus lain yang berukuran kecil, ia mengatakan dalam penjelasan yang diterima ada, namun dirinya belum pernah melihat secara langsung bus-bus tersebut sehingga belum bisa didokumentasikan.

Selain di Moskow, lanjutnya, pemasangan banner juga pada sejumlah bus di Saint Petersburg dengan konten Bali, Banyuwangi, Borobudur, Jakarta, Komodo, Lombok, Raja Ampat, Danau Toba, Wakatobi dan logo Asian Games.

Tulisan "Wonderful Indonesia" juga pernah terlihat pada kaos yang dikenakan penonton Piala Dunia di Rusia oleh sejumlah warga asal Indonesia yang datang langsung dari Tanah Air.

Pewarta: Triono Subagyo
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar