Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan daring Shopee berkolaborasi dengan JKT Creative meluncurkan batik eksklusif yang dibuat ibu-ibu yang tinggal di Rusunawa Pulogebang yang dilatih khusus untuk membatik.

“Kami berkomitmen memberdayakan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan batik. Shopee juga akan berupaya untuk berperan aktif dalam mengembangkan potensi produk Indonesia,” kata Country Brand Manajer Shopee Indonesia Rezki Yauar di Jakarta, Jumat.

undefined. Syal bermotif batik Shopee (ANTARA News/ Sella Panduarsa Gareta)

Motif batik yang bertemakan “Swarnadwipa”, yang artinya tanah emas ini akan digunakan sebagai seragam perwakilan Shopee di Indonesia, yang juga akan diaplikasikan pada produk lainnya, di antaranya dompet kain, kaos, syal dan tas kain.

Khusus untuk seragam, ibu-ibu di Rusunawa Pulogebang di bawah bimbingan dan pelatihan JKT Creative yang akan memproduksinya.

Rezki mengatakan, melalui peluncuran batik tersebut, perusahaan berharap dapat mendorong perkembangan ekonomi digital dan meningkatkan kapasitas diri para pelaku usaha lokal, khususnya pengrajin batik.

undefined. Tas kain bermotif batik Shopee. (ANTARA News/ Sella Panduarsa Gareta)
“Inisiatif ini juga dilatarbelakangi oleh potensi batik di Kreasi Nusantara yang menunjukkan respon positif,” ungkapnya.

Penjualan batik di Shopee meningkat dua kali lipat sejak Kreasi Nusantara diluncurkan pada Februari 2018.

Co-Founder JKT Creative Iwet Ramadhan menyampaikan, kain batik yang ia desain untuk Shopee itu terinspirasi dari harapannya agar Indonesia kembali meraih kejayaannya melalui UKM yang tumbuh dan berkembang di negeri ini.

“Motifnya tersusun atas kombinasi tanahan dan buketan klasik batik pekalongan, sedangkan aksen lingkaran merupakan simbolosasi dari bibit yang membuat tanah ini menjadi subur dan mencapai keemasannya,” kata Iwet.

Sejalan dengan itu, Shopee dan JKT Creative mengedukasi 250 pengrajin batik melalui Kelas Inspirasi Shopee edisi Batik di Solo dan Pekalongan.

Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong pelaku usaha untuk mengembangkan usaha mereka dan memanfaatkan platform digital untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

undefined. Dompet kain bermotif batik Shopee. (ANTARA News/ Sella Panduarsa Gareta)
Sementara itu, Kepada Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, yang turut menghadiri acara itu menyampaikan dukungannya terhadap inisiatif Shopee dalam meluncurkan batik.

“Kreasi Nusantara merupakan salah satu inisiatif positif dari pelaku e-commerce yang dapat membantu kami meningkatkan potensi ekonomi kreatif di Indonesia,” tukasnya.

Produk-produk batik Shopee sudah mulai diperjual belikan melalui pasar online dengan harga Rp45.000 untuk dompet kain, Rp85.000 untuk kaos, Rp95.000 untuk tas kain dan Rp165.000 untuk syal.

Pewarta: Sella Gareta
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018