London (ANTARA News) - Konjen RI Frankfurt unjuk kebolehan memasak di "Indonesian Street Food Goes to Frankfurt" dalam rangka mempromosikan pariwisata dan kuliner Indonesia di hadapan 30 orang dari travel agencies/tour operators, jurnalis dan perwakilan maskapai penerbangan yang beroperasi di kota Frankfurt dan sekitarnya.

Konsul Pensosbud KJRI Frankfurt Adwitya Kristy Hapsari kepada Antara London, Sabtu mengatakan acara promosi yang diadakan di Wisma Konsul Jenderal RI Frankfurt itu, Konjen Toferry unjuk kebolehannya dalam memasak mie goreng Aceh dan sate ayam.

Harum rempah-rempah asli Indonesia mengundang rasa penasaran hadirin sehingga mereka berdiri mengelilingi Konjen Toferry melihat proses memasak kedua makanan khas Indonesia tersebut.

Konjen Toferry Primanda Soetikno mengatakan Travel agencies/tour operators, jurnalis dan perwakilan maskapai penerbangan memiiki peran yang penting dalam mempromosikan Indonesia.

Untuk itu Konjen menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak atas komitmennya selama ini untuk mempromosikan Indonesia kepada publik Jerman.

Selain itu, Konjen menambahkan bahwa pelaksanaan pilkada 27 Juni secara serentak di Indonesia secara aman, damai, dan tentram, mencerminkan situasi keamanan Indonesia yang kondusif.

"Oleh karena itu, wisatawan Jerman tidak perlu khawatir untuk mengunjungi Indonesia," katanya.

Selain memasak, Konjen Toferry juga menyampaikan bahwa masakan Indonesia memang terlihat sulit pada awalnya, tapi sebenarnya sangatlah mudah dipraktekkan. Bahkan para juru masak amatir juga dapat memasak makanan Indonesia dengan mudah di rumah. Bumbu-bumbu khas Indonesia pun dengan mudah ditemukan di berbagai supermarket Asia di Frankfurt.

Kegiatan promosi pariwisata dan kuliner semakin memperdalam pengetahuan para travel biro dan tour operator, jurnalis dan perwakilan maskapai akan khazanah budaya Indonesia.

Mereka memandang pariwisata Indonesia memiliki banyak potensi bagi pasar Jerman dan ingin meningkatkan promosi paket wisata ke Indonesia.

Di akhir acara, undangan menyantap berbagai makanan khas Indonesia seperti nasi tumpeng, mie goreng, pecel sayuran, sate lilit, bakso, es teler, dan kopi Aceh.

Baca juga: Indonesia harapkan Rp10 triliun dari ITB Berlin

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018