Palembang (ANTARA News) - Sebanyak 2.000 pelari akan mengikuti "Fun Run" 18th Asian Games OCA Fun Run Road To Asian Games 2018" di kawasan Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (1/7).

Kegiatan Fun Run tersebut diselenggarakan Dewan Olimpiade Asia (OCA) bekerja sama dengan KONI Sumatera Selatan.

Wakil Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOl) Muddai Maddang dalam konferensi pers di Palembang, Sabtu, mengatakan, Fun Run ini dilaksanakan secara serentak di dua kota penyelenggara Asian Games--Jakarta dan Palembang--, dan 29 kota lainnya di Asia pada akhir pekan ini.

"Fun Run ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang dilakukan di berbagai negara Asia dalam rangka meningkatkan antusiasme masyarakat di seluruh Asia terhadap Asian Games 2018," kata dia.

Ia mengatakan khusus Fun Run di Palembang akan dipusatkan di Kompleks Olahraga Jakabaring yang nantinya menjadi pusat pelaksanaan Asian Games di Palembang.

Palembang kebagian menggelar 13 cabang olahraga yang semuanya dipertandingkan di kawasan Jakabaring. Hanya sepak bola yang akan bertanding di dua lokasi karena satu dari dua stadion, yakni Stadion Bumi berada di pusat kota Palembang.

"Warga akan mengelilingi kawasan Jakabaring yang akan melintasi venue-venue Asian Games dengan tujuan agar masyarakat turut merasakan dan menggelorakan Asian Games seperti slogan Asian Games yakni `Energi Asia`," kata dia.

Ia menambahkan sosialisasi Asian Games menjadi salah satu perhatian Dewan Olimpiade Asia (OCA).

Indonesia selaku tuan rumah Asian Games telah menggencarkan sosialisasi ajang multieven ini sejak ditunjuk sebagai tuan rumah pada akhir tahun 2014.

Baca juga: Menkominfo pastikan sistem TI Asian Games siap

"Sejauh ini sebagian besar masyarakat Sumsel sudah mengetahui bahwa daerahnya bakal menjadi tuan rumah Asian Games, namun tetap kami sosialisasikan karena banyak juga yang tidak tahu apa itu Asian Games. Padahal, ini ajang olahraga terbesar di Asia atau satu strip di bawah olimpiade," kata Muddai.

Palembang sebagai tuan rumah Asian Games saat ini masih berupaya menuntaskan pembangunan sejumlah infrastruktur penunjang, salah satunya Light Rail Transit (LRT) yang ditargetkan selesai pada akhir Juli 2018.

Selain itu, perbaikan jalan di dalam kota juga sedang dilakukan, termasuk mempercantik ikon Kota Palembang, yakni Jembatan Ampera.

Baca juga: Gubernur resmikan PLTS Jakabaring untuk Asian Games 2018

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018