Jakarta (ANTARA News) - Portugal terpaksa angkat koper dari Rusia setelah menyerah 1-2 atas Uruguay pada pertandingan 16 besar Piala Dunia 2018 di Fisht, Rusia, Minggu dini hari WIB.

Portugal pun berkemas untuk menyusul Argentina, yang juga terdepak usai dikalahkan Prancis 4-3. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan sekaligus gagal mengawinkan gelar Piala Dunia 2018 dengan Piala Eropa yang mereka raih pada 2016.

Berdasarkan statistik FIFA, Portugal sudah berupaya untuk memenangkan pertandingan dengan taktik penguasaan bola yang mencapai 61 persen berbanding 39 persen milik Uruguay.

Baca juga: Piala Dunia tanpa Messi-Ronaldo, siapa bintang tersisa?

Pasukan Fernando Santos itu bahkan melepaskan 20 sepakan ke gawang Uruguay yang dijaga Fernando Muslera dengan catatan lima sepakan akurat, tujuh melenceng dan delapan tendangan berhasil diblokir pemain-pemain Uruguay.

Sebaliknya, anak asuh Oscar Tabarez memperagakan sepak bola efektif dengan mencetak dua gol dari enam kali upaya ke gawang Portugal. Sepasang gol itu berasal dari aksi Edinson Cavani yang diganjar "man of the match" pada laga itu.

Uruguay akan menghadapi Prancis di babak perempat final pada 6 Juli 2018.

Baca juga: Cavani pahlawan Uruguay, cetak 2 gol ke Portugal

Berikut deretan foto pertandingan Uruguay vs Portugal:
 
Seorang penggemar muda Portugal menjelang putaran 16 besar Piala Dunia 2018 Rusia antara Uruguay dan Portugal di Stadion Fisht di Sochi (30 Juni 2018). (Jonathan NACKSTRAND / AFP)
 
Seorang penggemar Uruguay menunggu dimulainya babak 16 besar Piala Dunia Rusia 168 pertandingan sepak bola antara Uruguay dan Portugal di Stadion Fisht di Sochi (30 Juni 2018). (Odd ANDERSEN / AFP)
 
Pemain depan Uruguay Edinson Cavani (kanan) menyundul bola membuka skor bagi timnya di Stadion Fisht di Sochi (30 Juni 2018). (Odd ANDERSEN / AFP)
 
Pemain depan Uruguay Edinson Cavani melakukan selebrasi setelah mencetak gol di Stadion Fisht di Sochi (30 Juni 2018). (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)
 
Pemain depan Portugal Cristiano Ronaldo (depan) melakukan tendangan bebas di Stadion Fisht di Sochi (30 Juni 2018). (Jonathan NACKSTRAND / AFP)
 
Bek Portugal Pepe (kanan) menyundul bola untuk mencetak gol penyama antara Uruguay dan Portugal di Stadion Fisht di Sochi (30 Juni 2018). (Odd ANDERSEN / AFP)
 
Bek Portugal Pepe (tengah) merayakan golnya dengan rekan setimnya di Stadion Fisht pada 30 Juni 2018. (Jonathan NACKSTRAND / AFP)
 
Pemain depan Uruguay Edinson Cavani (kanan) mencetak gol kedua timnya (30 Juni 2018). (Nelson Almeida / AFP)
 
Pemain depan Uruguay Edinson Cavani (tengah dalam) merayakan golnya dengan rekan-rekan setimnya setelah mencetak gol kedua di Sochi (30 Juni 2018). (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)
 
Pelatih Portugal Fernando Santos (kanan) bereaksi terhadap kekalahan timnya pada putaran 16 besar pertandingan sepak bola Piala Dunia 2018 Rusia antara Uruguay dan Portugal di Stadion Fisht di Sochi (30 Juni 2018). (Adrian DENNIS / AFP)


 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018