Banyuwangi (ANTARA News) - Menteri BUMN Rini Soemarno mengunjungi sejumlah titik di Kabupaten Banyuwangi, Minggu, di antaranya mengecek lokasi pabrik PT INKA yang akan dibuka di kabupaten paling timur di Pulau Jawa itu.

Rini yang didampingi sejumlah deputi dan direksi BUMN meninjau sejumlah pengembangan proyek BUMN, termasuk panen kopi di Gunung Gumitir, meninjau potensi wisata Pulau Merah, dan mengecek lokasi pabrik baru PT INKA di kawasan Secang.

Rini juga akan menikmati makanan lokal Banyuwangi di sejumlah rumah makan.

Selain sejumlah pejabat di Pemkab Banyuwangi, kehadiran Menteri BUMN dan rombongan juga disambut oleh Calon Wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak di Bandara Banyuwangi.

"Menteri BUMN juga direncanakan menggelar dialog dengan masyarakat di lokasi-lokasi acara, seperti saat panen kopi di kawasan Gumitir," ujar Kepala Bagian Humas Pemkab Banyuwangi Juang Pribadi.

Ia menjelaskan bahwa dalam kunjungannya itu Rini juga mengecek lokasi pembangunan pabrik kereta api milik INKA di kawasan Secang. Diharapkan pabrik itu bisa menyerap banyak lapangan kerja dengan menggandeng SMK-SMK yang ada di Banyuwangi.

Sejumlah pejabat yang mendampingi Rini adalah Sekretaris Menteri BUMN Imam Apriyanto Putro, Deputi Menteri Bidang Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Konsultan (JKJSK) Gatot Trihargo, Deputi Industri Agro dan Farmasi (IAF) Wahyu Kuncoro, dan Deputi Pertambangan, Industri Strategis dan Media (PISM) Fajar Harry Sampurno.

Jajaran direksi dan manajemen BUMN juga hadir di antaranya dari PT Perkebunan Nusantara (PTPN), BNI, PT KAI, BTN, dan Bank Mandiri.
 

Pewarta: Masuki M Astro
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018