Moskow (ANTARA News) - Spanyol akan ditantang tuan rumah Rusia dalam pertandingan babak 16 Besar Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Minggu malam pukul 21.00 WIB nanti.

Berikut sejumlah fakta mengenai pertandingan tersebut dan mengenai kedua tim yang akan bertanding, menurut kantor berita Reuters.

Di mana: Stadion Luzhniki, Moskow

Kapasitas: 80.000

Kapan: Minggu 1 Juli pukul 21.00 WIB

Statistik:
Pertemuan sebelumnya:
Rusia gagal mengalahkan Spanyol selama enam pertemuan mereka di mana Spanyol menang empat kali dan dua berakhir seri. Pertemuan terakhir mereka terjadi ketika seri 3-3 dalam laga persahabatan November tahun lalu, sedangkan empat pertandingan kompetitif terakhir di antara mereka terjadi pada semifinal Euro 2008 ketika Spanyol menang3-0.

Baca juga: Rusia yang tengah bangkit bisa luluhlantakkan Spanyol

- Spanyol mengumpulkan lima poin di Grup B tetapi finis dengan memuncaki klasemen grup ini berkat selisih gol setelah seri 3-3 melawan Portugal, 2-2 melawan Maroko dan mengalagkan Iran 1-0.

- Rusia adalah runner-up Grup A setelah mengalahkan Arab Saudi 5-0 dan Mesir 3-1, tetapi kalah 0-3 melawan juara grup Uruguay.

- Pencetak gol terbanyak Rusia dalam turnamen ini adalah Denis Cheryshev dengan tiga gol, jumlah gol  sama dengan yang dikoleksi striker Spanyol Diego Costa.

- Para pemain Rusia berlari selama pertandingan dengan total jarak paling panjang dibandingkan dengan tim mana pun dalam turnamen ini, masing-masing 118 km saat melawan Arab Saudi dan 115 km ketika melawan Mesir, namun turun saat melawan Uruguay dengan hanya 98 km, sebagian karena seorang pemainnya diusir ke luar lapangan.

- Rusia maju untuk pertama kalinya ke babak 16 Besar Piala Dunia sejak runtuhnya Uni Soviet. Sedangkan catatan terbaik Uni Soviet adalah mencapai semifinal edisi 1966.

- Spanyol adalah juara Piala Dunia 2010 namun setelah itu mereka tidak pernah melangkah lebih dari babak perempatfinal.

- Spanyol tidak terkalahkan dalam 23 pertandingan, dengan kekalahan terakhir mereka tercipta saat ditekuk Italia 0-2 pada babak 16 Besar Euro 2016.

- Pemenang pertemuan ini akan menghadapi Kroasia atau Denmark pada perempatfinal.

Baca juga: Spanyol dihantui kutukan tuan rumah
 

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018