Tetapi yang jelas, pimpinan akan selalu jeli memberikan `reward` and `punishment` ini. Pada prinsipnya, anak buah yang berprestasi kita berikan penghargaan, berupa kenaikan pangkat, atau sekolah cepat dan sebagainya, tetapi yang betul betul melanggar
Surabaya (ANTARA News) - Sebanyak 1.205 personel Kepolisian Daerah Jawa Timur mulai dari bintara hingga perwira mendapatkan kenaikan pangkat yang terhitung mulai 1 Juli 2018.

Wakapolda Jatim Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo saat memimpin prosesi upacara kenaikan pangkat di Mapolda Jatim di Surabaya, Senin, mengatakan kenaikan pangkat ini dilakukan secara serentak di seluruh jajaran Polda Jatim dengan kenaikan tertinggi adalah Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) menjadi Komisaris Besar Polisi (Kombes) sebanyak dua orang.

"Tentu ini merupakan salah satu ujung dari sebuah proses ya, karena tanpa adanya prestasidan loyalitas serta dedikasi yang memadai, tidak mungkin anggota bisa naik pangkat begitu saja," katanya.

Untuk bisa mendapatkan kenaikan pangkat bahkan jabatan, kata Widodo, bukan hal mudah bagi personel Polri. Ada berbagai persyaratan dan tantangan yang harus dihadapi. Beberapa di antaranya adalah menyangkut kinerja, sikap, mental, dan kepribadian menjadi penilaian pimpinan.

"Kita ucapkan terima kasih dan selamat, kepada seluruh anggota yang hari ini melaksanakan korps kenaikan pangkat. Mudah mudahan dengan kenaikan pangkat ini menjadikan semangat lagi," ujarnya.

Selain pemberian penghargaan, salah satunya adalah dengan kenaikan pangkat, dia menegaskan, Polri juga tidak segan memberikan hukuman terhadap angota yang melakukan pelanggaran, baik pelanggaran kode etik, terlebih pelanggaran pidana.

"Tetapi yang jelas, pimpinan akan selalu jeli memberikan `reward` and `punishment` ini. Pada prinsipnya, anak buah yang berprestasi kita berikan penghargaan, berupa kenaikan pangkat, atau sekolah cepat dan sebagainya, tetapi yang betul betul melanggar aturan ya ditindak," ujarnya.

Dari total sebanyak 1.205 personel di jajaran Polda Jatim itu, ada sebanyak 239 perwira yang mendapatkan kenaikan pangkat. Sementara untuk kenaikan pangkat brigadir dan PNS ada sebanyak 1.088 orang.

Pewarta: Indra Setiawan dan Willy Irawan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018