Jakarta (ANTARA News) - Negara-negara Benua Eropa mendominasi perempat final Piala Dunia 2018 dengan menempatkan enam wakil setelah Inggris mengalahkan Kolombia di putaran 16 besar lewat adu penalti 4-3 di Stadion Saint Petersburg, Sankt Petersburg, Rusia, Rabu dini hari WIB.

Inggris menjadi wakil keenam Eropa setelah Prancis, Rusia, Kroasia, Belgia dan Swedia.

Ini adalah Piala Dunia kesepuluh yang menempatkan sedikitnya enam negara Eropa di putaran perempat final. 

Lebih spesifik lagi, skema yang sama yakni enam negara Eropa di perempat final Piala Dunia telah terjadi sebanyak tujuh kali termasuk tahun ini.

Baca juga: Inggris tundukkan Kolombia lewat drama adu penalti

Baca juga: Tendangan Forsberg antarkan Swedia ke perempat final


Terakhir kali Eropa menempatkan enam negara di perempat final terjadi pada Piala Dunia 2006 di Jerman, kala itu tuan rumah, Italia, Ukraina, Inggris, Portugal dan Prancis mewakili Benua Biru, sedangkan Argentina dan Brazil menjadi wakil zona Amerika Selatan. Italia sukses menjadi juara pada 2006.

Eropa berpeluang besar kembali membawa trofi Piala Dunia ke benua tersebut, mengingat statistik mencatat bahwa dari enam kali situasi enam negara Eropa melangkah ke perempat final lima di antaranya selalu berakhir dengan wakil Eropa menjuarai Piala Dunia.

Selain pada 2006, hal itu juga terjadi pada 1998 kala Prancis menjadi juara, 1990 (Jerman Barat), 1954 (Jerman Barat) dan 1938 (Italia).

Satu kali wakil Eropa gagal menjadi juara meskipun telah menempatkan enam negara di perempat final adalah pada 1962 di Chile, kala itu Brazil keluar sebagai juara.

Brazil juga sukses menumbangkan dominasi tujuh negara Eropa di perempat final Piala Dunia untuk menjadi juara pada 1958 dan 1994.

Sedangkan satu-satunya edisi yang memperlihatkan dominasi penuh Eropa di babak perempat final terjadi pada 1938, kala itu Italia keluar sebagai juara.

Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018