Sentul, Bogor (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo meminta ulama dan umara untuk beriringan menjaga ukhuwah bangsa dan negara Indonesia.

"Sekali lagi beriringnya ulama dan umara dan juga kepada para anggota Samawi marilah kita turut menjaga negara kita bangsa kita," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara Halal Bihalal dan

Silaturrahim Nasional Ulama Muda Indonesia yang tergabung dalam Solidaritas Ulama Muda Jokowi (SAMAWI) di Sentul International Convention Centre (SICC), Sentul, Bogor, Selasa malam.

Ia pun mengingatkan agar seluruh umat terus menjaga ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah wathaniyah.

Sebab tantangan dan pekerjaan ke depan bagi bangsa Indonesia masihlah banyak dan panjang.

"Karena pekerjaan kita masih banyak ke depan, tantangan makin berat, dan bisa dilalui jika kita rukun bersatu," katanya.

Presiden sekali lagi ingin mengingatkan kepada semua lapisan masyarakat bahwa Indonesia ini adalah negara dan bangsa besar. 

"Kita harus sadar bahwa negara Indonesia penduduk Muslim terbesar di dunia. Ini yang terus saya sampaikan di mana-mana di konferensi internasional," katanya.

Ia menjelaskan saat ini penduduk Indonesia sebanyak 263 juta jiwa dengan memiliki 714 suku, lebih dari 1100 bahasa daerah, sebagai anugerah Allah kepada Indonesia. 

Hal itulah yang menjadikan Indonesia ini berbeda, beragam, dari suku, agama, bahasa daerah, adat, dan tradisi. 

"Menjadi kewajiban kita bersama menjadi ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniah karena aset besar Indonesia adalah persaudaraan, kerukunan, persatuan, karena kita memang diberikan anugerah
Allah Swt berbeda beragam majemuk, inilah yang dikagumi negara lain terutama Islam. Karena betapa kita berbeda adat suku tradisi agama tapi Indonesia tetap rukun, bersatu, hidup berdampingan," katanya.

Menurut dia, hal itulah yang harus terus dijaga sehingga bangsa Indonesia tidak keluar rel dari yang direncanakan.

"Dan ini butuh kerja keras. Negara besar seperti Indonesia cobaannya besar, tantangannya hambatannya juga besar tapi ini tugas bersama untuk membangun negara ini," katanya.
Pada kesempatan itu, ribuan anggota Samawi menggelar deklarasi mendukung Joko Widodo untuk meneruskan periode keduanya sebagai Presiden RI.

 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018