counter

Orang tua murid di Papua antusias antar anak masuk sekolah hari pertama

Orang tua murid di Papua antusias antar anak masuk sekolah hari pertama

ilustrasi (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Biak (ANTARA News) - Para orang tua murid siswa baru di berbagai sekolah dasar di Kabupaten Biak Numfor, Papua antusias mengantar anak-anaknya di hari pertama masuk sekolah.

Mereka bahkan ikut mendampingi anak masuk kelas di hari pertama tahun pelajaran 2018/2019, Senin.

Beberapa sekolah dasar di distrik Biak Kota dan distrik Samofa tampak ramai dengan kehadiran orang tua yang mengantar anak untuk belajar.

Seperti di SD Yapis 1 Biak, SD Inpres Mandala, SD Inpres Fandoi, SD Negeri 1, SD YPPK Santo Yosef, SD inpres Ridge dan SD Inpres Angkasa, terlihat para orang tua datang bersamaan ke sekolah.

Masih ada sebagian siswa baru kelas satu yang takut masuk ke ruangan kelas jika tidak didampingi orang tua yang harus duduk mendampingi.

"Anak di hari pertama masuk sekolah harus diantar untuk mengawali jam pelajaran baru, ya setiap orang tua punya cara sendiri untuk mendampingi anak masuk ruang kelas," ujar slah satu orang tua murid, Jamal.

Sedangkan, di SD Inpres Fandoi hari pertama masuk sekolah siswa baru kelas satu sebagian besar diantar orang tua menuju ruang kelas.

Hari pertama belajar siswa baru di SD Inpres Fandoi, diawali upacara pagi dilanjutkan dengan pembagian kelas dan melakukan pembersihan halaman sekolah.

"Para siswa baru masuk sekolah hanya dikenalkan ruangan kelas dan para guru. Ya ini rutin dilakukan setiap sekolah mengawali tahun pelajaran baru," kata guru SD Inpres Fandoi, M.Irham.

Hingga pukul 11.00 WIT berbagai siswa kelas 1 SD, kelas VII SMP dan kelas 10 SMA/SMK sudah mengikuti pengenalan siswa baru di sekolah bersangkutan sebagai kalender pendidikan tahunan untuk meningkatkan pendidikan karakter siswa.

Baca juga: Mendikbud minta guru sambut siswa masuk sekolah

Baca juga: Anies tinjau hari pertama masuk sekolah di Kampung Melayu

Baca juga: KPAI : hentikan plonco dan kekerasan dalam MOS

Pewarta: Muhsidin
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Berangkat subuh agar mendapat bangku paling depan

Komentar