Saya titip pesan agar bapak, ibu dan saudara mendoakan bangsa dan negara kita agar semakin mampu menyejahterakan rakyatnya."
Surabaya (ANTARA News) - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menitipkan satu pesan khusus kepada jamaah calon haji agar mendoakan bangsa Indonesia yang lebih sejahtera.

"Alhamdulillah, bagi yang bisa menunaikan ibadah haji tahun ini saya ucapkan selamat. Kita harus mensyukuri bahwa bapak, ibu dan saudara sekalian merupakan orang-orang pilihan Allah untuk ke Tanah Suci," ujarnya, saat melepas rombongan jamaah haji asal Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 1 Embarkasi Surabaya di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Selasa.

Menag berpesan agar jamaah calon haji selama beribadah di Tanah Suci untuk turut medoakan kemaslahatan bangsa Indonesia.

"Saya titip pesan agar bapak, ibu dan saudara mendoakan bangsa dan negara kita agar semakin mampu menyejahterakan rakyatnya," katanya.

Menag juga berharap jamaah calon haji Indonesia mendoakan keluarga dan saudaranya agar bisa segera menyusul terpanggil untuk beribadah ke Tanah Suci.

"Pandai-pandailah menjaga diri di negara orang. Berlakulah sesuai kaidah pola hidup yang sehat," tuturnya.

Tahun ini Indonesia mendapatkan kuota sebanyak 221 ribu jamaah calon haji atau mengalami penambahan sebanyak 10 ribu dari kuota haji pada tahun lalu. 37.055 jamaah calon haji di antaranya diberangkatkan dari Embarkasi Surabaya, yang meliputi 35.270 jamaah calo haji asal Jawa Timur, 700 dari Bali dan 670 dari Nusa Tenggara Timur.

Selain kloter 1, Embarkasi Surabaya hari ini juga memberangkatkan jamaah haji kloter 2, asal Kabupaten Bondowoso dan Kloter 3 asal Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (keempat kanan) bersama Wakil Ketua Komisi VIII DPR Hamka Haq (keempat kiri) melepas pemberangkatan jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) pertama di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), Surabaya, Jawa Timur, Selasa (17/7/2018). Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Surabaya memberangkatkan sebanyak 37.055 jamaah calon haji yang terdiri dari 35.270 JCH dari Provinsi Jawa Timur, 700 JCH dari Bali, 670 JCH dari NTT serta 415 petugas pendamping. (ANTARA FOTO/Moch Asim)

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo dan Hanif Nashrullah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018