Jakarta (ANTARA News) - Dzikir akbar serentak yang diikuti 527 satuan kerja (satker) kejaksaan tinggi dan kejaksaan negeri seluruh Indonesia dalam rangka HUT Adhyaksa ke-58, Jumat, mendapatkan penghargaan piagam dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Jaksa Agung RI H.M. Prasetyo menerima langsung piagam dari Museum Rekor Indonesia (Muri) atas terselenggaranya dzikir akbar bertema "Doa dan Asa Kejaksaan untuk Indonesia, Membangun Sinergi Menjaga Negeri".

"Kegiatan ini adalah wujud syukur insan Adhyaksa terhadap berkat dan karunia yang diberikan Sang Pencipta," kata Jaksa Agung HM Prasetyo saat menerima penghargaan didampingi Jaksa Agung Muda Intelijen (JAM Intel) Jan S Maringka selaku Ketua Panitia HBA dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma`ruf Amin.

Dzikir akbar yang merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Bakti Adhyaksa ke-58 ini dibuka oleh pembacaan ayat suci Al Quran, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Jajaran Kejaksaan tampak hikmat mengikuti dzikir yang dipimpin oleh KH Miftahul Akhyar. Terlihat para pegawai lelaki mengenakan baju koko dan kopiah putih, sementara pegawai perempuan mengenakan pakaian muslim berwarna senada.

Pada acara tersebut tampak tokoh-tokoh ulama Indonesia seperti Ketua MUI Ma'ruf Amin, Ketua Umum Pengurus Besar Majelis Zikir Hubbul Wathon (PB MDHW) KH. Musthofa Aqil Siroj dan Wakil Rais `Aam PBNU KH Miftahul Akhyar.

Memperingati usianya yang telah menginjak setengah abad lebih, Korps Adhyaksa menggelar berbagai kegiatan mulai dari bakti sosial, pertandingan olah raga, seminar nasional, pameran foto, nikah dan sunatan massal hingga dzikir akbar.

Hari Bakti Adhyaksa Tahun 2018 mengangkat tema "Berkarya dan Berbakti Sepenuh Hati Menjaga Negeri". Tema tersebut dirasakan tepat jika dihubungkan dengan kondisi tantangan aktual penegakan hukum saat ini.

Serta sebagai wujud dukungan Kops Adhyaksa dalam mensukseskan penyelenggaraan agenda nasional yang turut menentukan martabat bangsa, antara lain rangkaian tahapan Pilkada Serentak 2018, Asian Games ke-18, Annual Meeting IMF-World Bank di Bali pada bulan Oktober 2018 serta rangkaian tahapan persiapan pemilihan umum 2019.

"Konsolidasi yang dilakukan Kejaksaan melalui perhelatan Hari Bhakti Adhyaksa merupakan upaya untuk mewujudkan Jaksa Sahabat Masyarakat," kata JAM Intel Jan S Maringka.

Pewarta: Riza Fahriza
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018