Verstappen tercepat dalam sesi latihan di GP Jerman

Verstappen tercepat dalam sesi latihan di GP Jerman

Dokumen foto pebalap Red Bull Max Verstappen (di depan). (REUTERS/Andrew Boyers)

Ini adalah kejutan yang menyenangkan untuk memulai lomba secara ketat."
Hockenheim (ANTARA News) - Pebalap Max Verstappen menjaga harapan Tim Red Bull setelah mencatat waktu tercepat dalam sesi latihan hari pertama menjelang ajang balap Formula Satu Grand Prix (F1 GP) Jerman pada Jumat (20/7) waktu setempat.

Pebalap asal Belanda berusia 20 tahun itu mencatat waktu tercepat satu menit 13,085 detik saat suhu lintasan melonjak, sementara juara dunia Lewis Hamilton dari Tim Mercedes berada di peringkat kedua, dan hanya terpaut 0,026 detik lebih lambat.

Hamilton hanya lebih cepat dengan selisih waktu empat seperseribu detik dari Daniel Ricciardo dengan catatan waktu satu menit 13,525 detik.

"Ini adalah kejutan yang menyenangkan untuk memulai lomba secara ketat, tapi ingat bahwa ini baru hari Jumat, pembalap lain akan lebih cepat saat babak kualifikasi," kata Verstappen, layaknya dikutip Reuters.

Kecepatan Verstappen kemungkinan lebih mengkhawatirkan Tim Mercedes dibanding Ricciardo, karena pembalap Australia itu mengawali sesi latihan dari belakang grid akibat akumulasi hukuman, selain juga kehilangan waktu karena kebocoran kecil di sistem oli.

Sementara itu, Hamilton mengaku gembira dengan hasil yang diperolehnya di Sirkuit Hockenheim yang kembali menjadi penyelenggara ajang Formula Satu setelah absen selama satu musim lomba.

"Kami sudah menyelesaikan program kami hari ini, menyelesaikan semua sesi dan mendapatkan semua informasi yang kami butuhkan mengenai ban," kata pebalap Inggris itu.

Ia menimpali, "Baik Ferrari maupun Red Bull sangat cepat hari ini dan saya kira kondisi seperti ini juga akan terjadi besok atau Minggu."

"Ini akan menjadi tantangan serius dan itu bukan trek yang mudah untuk mendapatkan hasil yang baik. Kami harus mengeluarkan segala kemampuan kami," kata sang juara empat kali itu.

Prakiraan cuaca memprediksi akan turun hujan pada hari Sabtu dengan kondisi kering pada hari perlombaan.

Mengenai sanksi yang diperolehnya, Ricciardo menegaskan bahwa priotas utamanya adalah mendapatkan mobil balap yang bagus untuk menghadapi lomba pada Minggu.

Verstappen menjadi tercepat ketiga dalam sesi latihan pembukaan tanpa henti hari itu, dengan juara kejuaraan Ferrari Sebastian Vettel di posisi keempat.

Vettel, yang mengungguli Hamilton dengan delapan poin di pertengahan musim, lahir dan besar dekat Heppenheim, dan mengaku jatuh cinta dengan olahraga itu ketika menonton salah seorang legenda F1 Michael Schumacher berlomba di Hockenheim.

"Mobil itu telah bekerja dengan baik hari ini, dan ini adalah hari latihan biasa pada Jumat. Hari ini, kami mencoba segalanya. Saya pikir kami cukup cocok dengan pemilihan ban yang kami gunakan hari ini," kata pembalap Jerman itu.

Valtteri Bottas, yang kontraknya bersama Tim Mercedes baru diumumkan satu jam sebelum latihan dimulai, berada di posisi kelima dan ketiga di masing-masing sesi latihan, sementara pembalap Ferrari Kimi Raikkonen berada di urutan keenam dan kelima.

Pendatang baru Tim Sauber, Charles Leclerc, yang berpeluang menggantikan posisi juara dunia 2007 Raikkonen di Ferrari tahun depan, menempati peringkat kesembilan dan kedelapan dalam dua sesi.

(Uu.A032

(Uu.SYS/C/a032/A/B015) 21-07-2018 04:54:22

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar