Sabang, Aceh (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga pesisir, nelayan serta penyedia dan pengguna transportasi laut untuk mewaspadai gelombang yang tingginya bisa sampai lima meter selama 24-26 Juli di perairan Sabang.

"Waspadai angin kencang serta gelombang tinggi dari empat hingga lima meter yang berpotensi terjadi di perairan Sabang, Banda Aceh hingga Barat Aceh," kata Kepala Stasiun Meteorologi Cot Ba U Maimun Saleh di Sabang, Siswanto, Selasa.

"Kita tidak bisa memindahkan atau bahkan menolak bencana alam yang muncul seketika. Namun, kita bisa melakukan upaya mitigasi sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana," ia menjelaskan.

Ia mengingatkan perlunya pemahaman mengenai risiko bencana dan kesiagaan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana.

Panglima Laot (Lembaga Adat Laut) Kota Sabang Ali Rani juga mengimbau warga dan nelayan setempat memperhatikan informasi dan peringatan dari BMKG mengenai potensi gelombang tinggi.

"Kami mengingatkan nelayan agar dapat mengwaspadai potensi gelombang tinggi sebagaimana yang disampaikan BMKG demi keselamatan saat melaut, dan jika cuaca buruk tidak melaut sementara waktu demi keselamatan," katanya.
 

Pewarta: Irman Yusuf
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018