Raja Ampat, Papua Barat (ANTARA News) - Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) berharap kegiatan Kirab Obor Asian Games 2018 bisa meningkatkan aktivitas pariwisata di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. 

Adapun Raja Ampat menjadi lokasi persinggahan obor Asian Games 2018 lanjutan setelah sebelumnya diarak di Mataram, Nusa Tenggara Barat. 

"Singgahnya obor Asian Games di Raja Ampat menjadi momen yang bagus untuk semakin mempromosikan wisata dan budaya Raja Ampat," kata Juru Bicara INASGOC Danny Buldansyah ketika dihubungi dari Raja Ampat, Papua Barat, Rabu. 

Danny melanjutkan, INASGOC tidak sembarangan memilih ke-54 kabupaten-kota yang disinggahi obor Asian Games 2018.

Raja Ampat, misalnya, sengaja ditunjuk menjadi sebagai salah satu tujuan kirab obor karena pesonanya semakin populer sebagai tujuan wisata setiap tahunnya, termasuk di kalangan masyarakat internasional. 

"Oleh karena itu, kami ingin daerah-daerah wisata yang disinggahi obor Asian Games 2018 seperti Bali, Makassar termasuk Raja Ampat bisa semakin dikenal di dunia," tutur Danny. 

Adapun acara Kirab Obor Asian Games 2018 di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, digelar pada Kamis (26/7) mulai pukul 09.00 WIT. Rencananya obor akan diarak mengitari Kota Waisai yang menjadi ibu kota Raja Ampat. 

Kegiatan itu dijadwalkan menyinggahi beberapa lokasi wisata Raja Ampat seperti Piaynemo dan Pantai Waisai Torang Cinta. 

Beberapa nama tenar yang disebut ikut dalam prosesi membawa obor adalah artis Nadine Chandrawinata dan Ketua Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) yang juga mantan perenang nasional Richard Sam Bera. 

Setelah acara di Raja Ampat, keesokan harinya,  Jumat (27/7), Kirab Obor akan berlanjut ke Kota Sorong, Papua Barat. Di sana, obor kembali akan dibawa pawai keliling kota.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018